Keluarga

4 Tips Dekorasi Kamar Anak yang Bikin Mereka Mau Tidur Sendiri

Ilustrasi anak

Jakarta,       (ToeNTAS),- Beberapa orangtua memisahkan anak mereka untuk tidur sendiri saat usia-usia tertentu. Hal ini dilakukan orangtua untuk memberikan pelajaran kemandirian kepada anaknya. Lewat tidur di kamar sendiri juga orangtua mengajarkan keberanian serta tanggung jawab meski terkadang orangtua masih memegang kendali atas kerapihan barang-barang di kamar anak.

Namun, keputusan orangtua untuk memisahkan kamar anak nggak selalu disambut baik oleh anak. Beberapa anak menolak karena berbagai alasan. Takut, misalnya. Nah kalau sudah begitu, orangtua harus putar otak agar rencananya berhasil. Salah satunya yaitu dengan mendekorasi kamar anak agar mereka nyaman di singgasananya yang baru.

Nah, sebelum mendekorasi kamar anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua agar misinya berjalan mulus. Apa sajakah aspek-aspek yang perlu diperhatikan? Berikut ulasannya.

Ilustrasi dekorasi

Ilustrasi dekorasi

1. Tentukan tema.Orangtua harus mengetahui kesukaan, hobi, atau obsesi anak. Misalnya kartun, superhero, putri Disney, atau olahraga. Dari situ, orangtua bisa mendekorasi anak dengan tema-tema yang anak sukai. Tentukan furniturebed cover, dan sarung bantal juga guling. Berikan dekorasi kamar ini menjadi hadiah ulang tahun agar memiliki kesan bagi anak yang terkenang hingga ia dewasa.

Ilustrasi kamar anak

Ilustrasi kamar anak

2. Pajang poster dan lukisan.Nggak peduli apa tema kamar anak, orangtua bisa memajang poster yang sesuai dengan gaya mereka. Tapi, jangan lupa untuk memasukkan unsur seni di dalamnya. Jika biasanya poster ditempel, mungkin kali ini poster bisa digantung di atap atau dibingkai. Sebagai tambahan, jangan lupa pajang foto-foto anak dan orangtua saat masih bayi. Hal itu bisa bikin mereka merasa dicintai oleh keluarga.

Ilustrasi kamar anak

Ilustrasi kamar anak

3. Perhatikan pencahayaan dan tata.Pilih lampu yang tepat. Tak hanya sisi terangnya, namun juga bentuk lampu. Kini, sudah banyak lampu fancy yang dijual di pasaran. Orangtua bisa membeli lampu tidur yang sesuai dengan tema kamar. Selain itu, perhatikan pula pencahayaan alami yang datangnya dari sinar matahari. Jangan sampai kamar anak nggak dapat asupan sinar matahari.

4. Buatlah kamar anak adalah cerminan kepribadian mereka.Jauh sebelum dekorasi dilakukan, pastikan anak sudah mantap dengan tema apa yang ia pilih. Dan jangan lupa untuk libatkan langsung mereka dalam dekorasi kamarnya. Dengan begitu anak akan memiliki kebanggan sendiri. Biarkan mereka megatur tata letak barang-barang di kamar atau bahkan melukis salah satu dinding kamar dengan tangannya sendiri. Sebab, kamar anak adalah simbol dari kepribadian mereka. Biarkan mereka mengekspresikannya. (bin.c/amar).-

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top