Wisata

Menikmati Indahnya Snorkling di Pulau Cut Nyak Rubia

Snorkling di Pulau Rubiah
Snorkling di Pulau Rubiah

Dari jauh terlihat snorkle yang menjorok keluar dari air laut, yang paling dominan adalah warna biru dan merah. Menjadikan suasana di sekitar Pulau Rubiah siang itu kontras sekali.

Nama Pulau Rubiah sendiri diambil Makam seorang putri Cantik yang bernama Cut Nyak Rubiah yang dimakamkan disini. Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi orang Aceh, luar Aceh sampai dengan para turis mancanegara. Landscap sekitar pulau nampak biasa-biasa saja, tapi dunia bawah lautnya yang sangat mempesona. Sebagian besar para wisatawan yang datang kesini untuk snorkling dan melihat berbagai jenis ikan yang ada di sekitar pulau ini.

Makam Cut Nyak Rubiah

Makam Cut Nyak Rubiah

Lucunya, berbagai ikan dengan bentuk dan warnanya seperti tidak takut dengan manusia, malahan terlihat ingin bermain dan bercanda degan wisatawan yang sedang snorkling. Beberapa orang terlihat membawa mie dan roti untuk diberikan kepada ikan, agar ikan datang dan berkumpul. Berbagai jenis ikan disini diantaranya adalah ikan kepe-kepe, Botana Biru, Lion Fish, Angel Fish, Bintang laut sampai dengan karang-karang yang berbentuk motif batik.

pulau rubiah dari kejauhan

pulau rubiah dari kejauhan (foto:itinku.com)

Pulau Rubiah termasuk di dalam kawasan Pulau Weh dengan Kotanya Sabang, dan mempunya luas 0,357 km persegi, merupakan pulau paling utara di Indonesia. Serta berjarak kurang lebih 24 kimolemeter dari Pulau Sabang dan hanya 350 meter dari Pantai Iboih. Kurang lebih 40 menit dari Kota Sabang, dan 5 menit dari Pantai Iboih menggunakan perahu kecil.

Paling gampang menuju Pulau Rubiah adalah dari Pantai Iboih. Ketika anda sampai di Pantai Iboih, banyak jasa perahu yang akan menawarkan jasa keliling Pulau Rubiah sekaligus snorkling. Biasanya biaya sewa perahu dan snorkling berkisar antara 200 ribu sampai dengan 350 ribu tergantung jenis perahunya. Namun untuk jasa guide dan sewa kamera under waternya, pintar-pintar kita menawar saja.

Idealnya kalau berkunjung kesini jangan di hari libur sekolah atau pun libur panjang, karena biasanya wisatawan akan penuh. Kalau mau menikmati suasana yang nyaman, berkunjunglah kesini di akhir minggu biasa. Selamat menikmati ! (AMGD/mlancong.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top