Wisata

Indahnya Danau Maninjau dari Puncak Lawang

Danau meninjau
Danau meninjau

Pagi itu udara sangat cerah, sepanjang perjalanan, hijaunya pohon, sejuknya udara pegunungan, hembusan angin, begitu terasa dan membuat hati semakin kagum akan keindahan alam sekitar Puncak Lawang.  Ketika mobil yang membawa kami terus menanjak, pantulan air dari Danau Maninjau membuat keindahan itu semakin sempurna.

Santai sembari memandang keindahan Danau Maninjau (foto:mlancong.com)

Santai sembari memandang keindahan Danau Maninjau (foto:mlancong.com)

Puncak Lawang adalah sebuah bukit yang berada di ketinggian 1210 meter di atas permukaan air laut. Puncak Lawang merupakan nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa melihat birunya Danau Maninjau dari ketinggian. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Ini daerah puncak menuju Danau Maninjau. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Danau Maninjau secara utuh.

Kalau kita menginap di daerah Bukit Tinggi, biasanya butuh waktu sekitar empat puluh lima menit sampai dengan satu jam untuk mencapai tempat ini. Usahakan anda sampai di tempat ini di bawah jam 10 pagi, karena selepas itu, biasanya kabut mulai turun dan menutupi permukaan Danau Maninjau. Kalau sudah begini, keindahan Danau Maninjau akan hilang sama sekali dari pandangan mata, karena sejauh mata memandang hanya putih dan putih karena kabut.

Di kala suasana cerah, tidak ada bosan bosannya kita duduk di salah satu Bukit Puncak Lawang sembari menatap birunya pantulan air Danau Maninjau. Bisa merenung, bisa  introspeksi diri, merancang masa depan, bersantai dan lainnya…yang terpenting jangan merenung ya. Di sekeliling danau terdapat beberapa permainan yang dipersiapkan oleh pengelola. Ada flying fog, melintasi jembatan kayu dan lainnya. Beberapa tempat duduk kayu juga tersedia di sekeliling taman, khususnya buat para pengunjung yang hanya ingin duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Selain itu, Puncak Lawang juga digunakan sebagai arena olahraga Paralayang, baik yang bersifat nasional maupun internasional, karena tempat ini merupakan salah spot yang terbaik di Asia Tenggara. Pokoknya kalau sudah disini dijamin untuk susah beranjak, tempatnya sejuk, berada di ketinggian, anginnya sepoi sepoi..duuh…penasaran…silakan lihat fotonya dan datang sendiri ! (AMGD/mlancong.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top