Wisata

Pantai Karang Bolong Pantai yang Tersembunyi dari Kota Kebumen

Pantai karang bolong
Pantai karang bolong

Memang lumayan jauh lokasinya dari Kota Kebumen, apalagi 7 kilometer menjelng lokasi jalannya menyempit dan meliuk-liuk. Kita harus ekstra hati-hati jika melalui jalan tersebut. Namun kelelahan dan kejauhan akan terbayar lunas ketika kita mencapai Pantai Karang Bolong.

Pantai karang bolong

Pantai karang bolong

Pantainya merupakan pantai landai berpasir yang cukup luas, dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal gunung api. Pasirnya berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan-batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding perbukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut, dan mengendapkan kembali butiran-butiran batuan.

Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses abrasi. Singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang lucu. Namun demikian, Pantai Karangbolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang.

Selain pantainya, Karangbolong juga mempunyai sebuah gua bernama Gua Karangbolong, berupa lubang besar terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong ini berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi 5 m. Breksi formasi atau antara 30-15 juta tahun, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

Pembentukan gua Karangbolong dipengaruhi oleh peruntuhan yang terjadi di sepanjang batas bidang perlapisan antara breksi dengan batu pasir atau batu lempung. Lubang peruntuhan akan semakin besar karena lapisan batuan yang menggantung di atap lubang selalu runtuh akibat beratnya. Proses itu juga dipicu oleh kekar-kekar yang ada, yang kehadirannya memperlemah daya ikat antar komponen batuan.

Karena keberadaan karang-karang yang bolong tersebut, maka dinamakanlah Pantai ini dengan nama Pantai Karang Bolong. Dan salah satu pesona kenapa orang berkunjung adalah untuk melihat karang yang besar dan bolong tersebut. Selain itu, ada beberapa bagian pantainya yang sangat nyaman buat mandi.

Walaupun ombaknya besar, tapi pantainya dangkal dan landai, bahkan anak kecil umur 5 tahun pun dengan bebas dapat mandi dan menikmati deburan embuk dalam batas garis pantai yang telah ditentukan oleh petugas setempat.

Tidak jauh dari bibir pantai, banyak terdapat pohon kelapa yang siap melindungi wisatawan dari sengatan matahari di waktu panas. Warung-warung yang berada di pinggiran pantai memberikan godaan tersendiri bagi para pengunjung, menikmati menu seafood ala pantai sembari menikmati deburan ombak. Selain itu terdapat pula pesanggrahan Nyi Roro Kidul yang konon katanya Nyi Roro Kidul sering menampakkan dirinya.

Tentunya bauran antara keindahan alam dan mistik yang ada di Pantai Karang Bolong menjadi pesona tersendiri bagi orang yang mau berkunjung kesini. (AMGD/mlancong.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top