Kesehatan

12 Penyebab Kulit Cepat Keriput dan Cepat Tua

12 penyebab keriput

Jakarta, ToeNTAS.com,- Usia baru sekitar 20-30an tapi sudah timbul kerutan-kerutan di wajah yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri? Gejala penuaan dini memang merupakan masalah besar, khususnya bagi para wanita. Memang setiap orang pasti akan menua seiring bertambahnya usia, tapi perlu juga menjaga dan merawat kulit supaya tidak menua terlalu cepat. Untuk itulah, perlu bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab kulit cepat keriput.

1. Tubuh Kurang Cairan

Kurangnya asupan air putih yang menjadi kebutuhan tubuh memang sangat mampu memberikan efek pada kulit. Kesehatan kulit otomatis menjadi terganggu di mana mulai muncul tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput. Para ahli bahkan sudah membuktikannya di mana kurangnya air putih bisa menyebabkan kulit stres.

Ketika sudah tahu apa penyebabnya, Anda bisa mengonsumsi air putih lebih banyak sebagai cara mencegah penuaan dini pada kulit. Yang paling dianjurkan adalah minum air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Selain bisa mencegah keriput, asupan cairan yang tercukup secara sempurna akan mencegah berbagai penyakit juga.

2. Kurangnya Asupan Vitamin dan Mineral

Jika Anda melakukan program diet, pastikan bahwa Anda melakukan diet yang benar, yakni dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi. Terkadang para wanita tak begitu memerhatikan apa yang mereka konsumsi asalkan porsinya sedikit dan hasilnya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Ada yang justru menghilangkan menu makanan bermineral dan bervitamin tinggi tanpa ada perhitungan nutrisi yang benar. Terus penuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan mengikuti kadar atau takaran nutrisi yang tepat. Supaya tidak kusam dan keriput, penuhi nutrisi mineral dan vitamin secara sempurna melalui sayur dan buah.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok bisa menjadikan kulit kering dan kusam dan ini bisa dilihat pada para perokok aktif. Selain memang merokok mampu merusak kesehatan paru-paru, kulit juga bisa terkena dampaknya, bahkan ketika terpapar asap rokok saja. Itulah mengapa kulit para perokok aktif jauh lebih cepat berkeriput dibandingkan mereka yang bukan perokok.

4. Tipe Kulit Kering

Jenis kulit yang kering jelas menjadi salah satu alasan mengapa kulit cepat berkerut dan ini ada hubungannya erat dengan tubuh yang tak mendapatkan cukup air atau cairan. Jenis kulit kering mungkin memang sudah dari sananya, tapi ketika ditambah dengan asupan cairan yang kurang, maka kulit makin berkeriput saja.

Berbeda dari kulit berminyak yang selalu tampak mengkilap dan lembab, justru kulit kering bisa membuat gejala penuaan bertambah cepat. Kulit yang kering bakal terasa sangat kasar dan bisa juga bersisik saking kekurangan kelembaban.

5. Terkena Paparan Sinar Matahari

Apakah Anda sering bepergian dan cukup sering beraktivitas di luar ruangan di mana kulit pada akhirnya terkena sinar matahari? Kulit tak hanya akan menjadi gosong, kusam atau terbakar dikarenakan paparan sengatan matahari, tapi juga bisa menjadikannya lebih cepat menua dan berkerut.

Sinar ultraviolet terbilang sangat jahat, maka kulit bisa juga terkena dampak negatifnya di mana berpotensi pula  untuk memicu kanker kulit. Itulah yang menjadi alasan mengapa penggunaan tabir surya sangat disarankan tepat sebelum Anda bepergian ke luar, khususnya saat cuaca sedang panas-panasnya. Pakailah juga topi, pakaian lengan panjang, jaket, atau kacamata sebagai pelindung.

6. Kebanyakan Begadang

Begadang sebaiknya tidaklah dilakukan apabila memang tak begitu diperlukan karena memang inilah yang menjadi salah satu penyebab wajah terlihat tua padahal usia masih amat muda. Tidur yang cukup setiap hari, terutama di malam hari sangat penting. Waktu tidur malam hari adalah yang paling tepat karena jaringan sel tubuh dalam proses perbaikan.

Tidur di malam hari secara cukup juga merupakan proses dari pembentukan sel-sel baru kolagen yang sempat rusak. Itulah mengapa kulit mudah keriput dan kehilangan kolagen ketika kurang tidur. Kualitas tidur Anda bisa diperbaiki demi mencegah penuaan dini yang tandanya dimulai dari timbulnya garis halus dan keriput.

7. Gerakan Muka

Tahukah Anda bahwa keriput juga sangat bisa disebabkan oleh pergerakan raut muka atau wajah? Gerakan wajah seperti memasang muka cemberut maupun tersenyum rupanya bisa berdampak pada kulit wajah. Kerutan dapat muncul dengan mudah ketika Anda kebanyakan cemberut maupun tersenyum, apalagi kalau asupan cairan juga terbukti kurang.

Jenis kulit yang kering dan kekurangan asupan air putih dapat mendukung kulit keriput lebih cepat saat Anda tersenyum atau cemberut. Ini karena kulit kurang elastis dan akan sulit kembali pada kondisi semula karena saking kekurangan kelembaban. Anda perlu mengendalikan ekspresi wajah dan mulailah rajin menggunakan pelembab serta minum air putih banyak.

8. Posisi Tidur Salah

Keriput juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang kurang tepat yang biasanya sudah menjadi kebiasaan. Mungkin beberapa dari Anda kerap tidur dengan wajah menghadap bantal, ini mampu menjadikan wajah berkerut dan timbul adanya garis-garis kecil. Jika kulit wajah bertipe kering dan kurang cairan, bisa jadi nantinya akan membuat kulit wajah lebih gampang keriput.

9. Produk Kosmetik yang Kurang Tepat

Produk-produk kosmetik memang sangat beragam dan akan dengan mudah menggoda para wanita yang suka mempercantik diri. Namun sebelum tergoda untuk membeli dan memakainya, perhatikan keamanan dan bahan-bahan yang ada pada produk tersebut. Ada cukup banyak produk kosmetik yang bisa menimbulkan keriput.

Bahan kimia di dalam produk-produk tersebut mampu merusak kulit dan salah satunya adalah dengan memicu timbulnya kerutan pada wajah. Jadi, cobalah untuk mengurangi pemakaian produk kosmetik secara berlebihan. Kalaupun memang memerlukan kosmetik, pilihlah dengan bijak dan seksama supaya aman ketika dipakai.

10. Stres Berlebihan

Salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menghindari stres atau sebisa mungkin mengendalikan stres yang berlebihan. Kondisi psikologis setiap orang berbeda-beda dan ada tipe orang yang mudah tertekan, cemas dan stres. Hal ini tak hanya berpengaruh buruk terhadap tubuh, tapi juga kulit. Itulah yang menjadikan seseorang lebih cepat menjadi tua.

Kerutan atau keriput akibat stres bisa muncul pada area bawah mata, dahi, serta kulit pipi. Selalu luangkan waktu untuk bermeditasi, berolahraga atau melatih pernapasan supaya stres bisa dikelola dengan baik. Penting juga untuk mengerjakan suatu hal disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika beban pekerjaan membuat Anda penat, ambil waktu untuk berekreasi.

 

11. Konsumsi Alkohol

Selain merokok, mengonsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab kulit lebih cepat keriput. Alkohol atau minuman keras tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit karena pada dasarnya juga alkohol mampu membuat kulit kering. Batasi mulai dari sekarang jika Anda terbiasa meminum minuman beralkohol secara berlebihan.

12. Kurang Olahraga

Anda jarang berolahraga? Bisa jadi inilah faktor yang meningkatkan risiko penuaan dini atau lebih cepatnya kulit menjadi keriput. Olahraga tak sekadar menyehatkan organ dalam tubuh kita, tapi juga membuat kulit tampak jauh lebih sehat, awet mudah, dan segar. Berkeringat ketika olahraga menandakan racun di dalam tubuh keluar sebagian.

Maka dari itu, aturlah pola hidup dengan baik dan hindari penyebab-penyebab kulit cepat keriput di atas. Kiranya dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa langsung tahu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kulit yang berkerut. (kk.c/wina)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top