Semarak Lebaran Betawi di Setu Babakan 29-30 Juli 2017

Jam : 03:01 | oleh -130 Dilihat

Jakarta (ToeNTAS.com) – Lebaran Syawal biasa dilakukan sepekan setelah Idul Fitri atau paling lambat masih dalam bulan Syawal. Hal tersebut biasa dilakukan di beberapa daerah Jawa dan menjadi kegiatan rutin.

Istilah di Jawa, kegiatan tersebut biasa disebut sebagai Grebeg Syawal. Berbagai kegiatan semarak dilakukan oleh masyarakat tersebut.

Tak hanya Jawa, saat ini DKI Jakarta juga akan menggelar Lebaran Betawi yang akan digelar di perkampungan Betawi di Setu Babakan Jakarta. Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta dengan nuansa Betawi setelah Idul Fitri.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Juli 2017 mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Lebaran Betawi 2017 akan diisi berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari gambang kromong, lenong Betawi, silat Betawi, gambus, rebana biang, keroncong, samrah, berbalas pantun, sohibul hikayat, prosesi hantaran, qosidah, marawis, kuliner khas Betawi, fesyen, dan mewarnai gambar.

Untuk menunjang kegiatan inu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui TransJakarta menyediakan bus TransJakarta gratis yang melayani rute Stasiun Pancasila-Jalan Moh. Kahfi II-Setu Babakan-Srengseng Sawah Raya-Jalan Lenteng Agung Raya Barat. Terdapat 10 kendaraan dengan waktu pelayanan pada pukul 06.00-18.00 WIB.(vi.c/via).-