Daerah

Pengakuan Korban yang Selamat dari Bangunan Roboh di Tegal

foto

Tegal, ToeNTAS.com,- Robohnya bangunan tua di Talang, Kabupaten Tegal, Kamis (9/11/2017) sore terjadi saat hujan deras. Waktu ada banyak orang yang berteduh di sekitar tempat itu.

Di tempat itu juga ada warung makanan/minuman. Jalan Raya Talang, Desa Talang Kecamatan juga tengah ramai aktivitas warga. Bangunan tua tersebut dulunya adalah bekas pabrik ubin yang sudah puluhan tidak terpakai dan tidak di tempati ahli waris.

“Saat hujan, banyak yang berteduh di situ (warung) depan rumah itu. Kemudian terdengar suara bruk, banyak orang teriak. Saya sama orang didekat saya sudah lari tapi kaki terkena dan jatuh,” ungkap Rozak salah satu korban selamat.

Menurutnya yang dia ingat setelah kejadian itu banyak orang berteriak-teriak dan meminta pertolongan. Dirinya kemudian ditolong dan di bawa menjauh dari tempat itu.

“Orang yang di pinggir tempat itu banyak, sekitar 10-an orang lebih,” kata dia yang saat ini di rawat di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Sementara itu KapolresTegal, AKBP Heru Sutopo mengatakan evakuasi selesai sekitar pukul 21.00 WIB. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mempermudah evakuasi serta memastikan tidak ada lagi korban direruntuhan bangunan tersebut.

“Jumlah total korban ada 9 orang. Ada 4 orang yang meninggal dunia dan 5 orang mengalami luka-luka berat,” katanya.

Dari 9 korban ini, 4 orang dinyatakan meninggal dunia, 5 orang mengalami luka berat dan luka ringan. Korban luka tersebut kini dirawat di Rumah Sakit DKT Kodim 0712 Tegal, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal.

“Evakuasi korban selesai sekitar pukul 21.00 melibatkan beberapa unit mobil Damkar dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal serta satu unit alat berat untuk memudahkan pencarian,” kata Kapolres Tegal.

Menurutnya sepeda motor yang ikut rusak milik warga juga sudah di data oleh petugas. Sampai hari ini, Jumat (10/11/2017) sejumlah petugas kepolisian juga masih berjaga di sekitar lokasi. (det.c/ida)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top