Metro

Pastikan Khofifah Emil Kantongi Tiket Pilgub Jatim

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak

Jakarta, ToeNTAS.com,- Partai Demokrat dan Golkar resmi mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak untuk bertarung di Pilgub Jawa Timur 2018. Khofifah-Emil kini memiliki tiket ke Pilgub Jatim dengan dukungan 24 kursi dari Demokrat dan Golkar.

Untuk bertarung di pilgub, setiap pasangan harus memiliki dukungan partai politik dengan minimal 20 kursi di DPRD. Khofifah-Emil mendapat 13 kursi dari Demokrat dan 11 kursi dari Golkar.

Demokrat menjadi partai pertama yang memberikan dukungan resmi kepada Khofifah-Emil. Keputusan itu tecermin dari foto penyerahan surat rekomendasi dukungan kepada Khofifah dan Emil. Surat rekomendasi itu diberikan langsung oleh Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo, yang juga Gubernur Jatim saat ini. Mereka bertemu di perpustakaan di kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Tim 17 KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah membenarkan dirinya mengantar Khofifah-Emil ke kediaman Ketum PD SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. “Iya, saya juga tadi hadir di Cikeas. Sejumlah kiai, termasuk saya, menghantarkan Bu Khofifah dan Emil Dardak,” kata Gus Solah di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Selasa (21/11).

Hari ini giliran Golkar memberikan dukungan kepada Khofifah-Emil. Penyampaian dukungan resmi dilakukan di kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (22/11/2017). Pernyataan pers disampaikan setelah Khofifah-Emil menggelar pertemuan tertutup dengan jajaran Golkar yang dipimpin Plt Ketum Idrus Marham.

“Dengan ucapan bismillah, saya tetapkan Khofifah Indar Parawansa dan Saudara Emil Elestianto sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” ujar Idrus saat memberikan dukungan Golkar.

Idrus mengatakan Emil memiliki elektabilitas hingga 22 persen untuk maju di Pilgub Jatim. “Yang terjadi begini, kita ini selalu bertanya kepada rakyat, Golkar sahabat rakyat, suara Golkar suara rakyat, berdasarkan hasil survei yang ada di antara calon-calon wagub, ternyata Emil 22 persen tingkat elektabilitasnya,” ucapnya.

Meski telah memiliki tiket dari Demokrat dan Gokar, partai politik lainnya, yaitu NasDem, Hanura, dan PPP, akan memberikan dukungannya. Salah satu yang memberi sinyal akan menyusul adalah NasDem, yang segera memperbaiki surat dukungan.

“Waktu itu sudah keluar (surat dukungan untuk Khofifah). Tapi, karena Emil Dardak, kan harus diperbaiki, kan (diperbaiki) namanya. Kalau surat dukungan nggak sama dengan itu, ya nggak laku di KPU. Proses politik masih berjalan,” ujar Sekjen NasDem Johnny G Plate di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/11).

Jika benar NasDem, Hanura, dan PPP akan memberi dukungan ke Khofifah-Emil, pasangan tersebut akan mendapat 35 kursi dengan tambahan 4 dari NasDem, 2 dari Hanura, dan 5 dari PPP. (det.c/endi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top