Politik

Debat Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi Tampil Dominan dari Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

Bandung, ToeNTAS.com,- Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dinilai tampil cukup apik dalam debat Pilgub Jabar Senin malam (12/3/2018). Dedi yang merupakan cawagub tampil lebih dominan dibandingkan Deddy Mizwar (Demiz) sebagai cagub.

Pengamat Politik Unpad Firman Manan menyatakan penampilan Demiz- Dedi tak berbeda jauh dengan pasangan Ridwan Kamil-Uu, yang tampil bagus pada debat Pilgub Jabar tadi malam. Hanya saja, kata dia, ada momen yang dinilai bisa menjadi persoalan bagi paslon nomor urut 4 terseut.

“Catatan buat demiz ada satu gimik yang menurut saya bisa kontraproduktif soal perkataan ‘saya tidak bisa jawab tidak semua hal bisa saya jawab’. Secara manusiawi memang bagus karena tidak semua hal bisa kita jawab, tapi dalam panggung debat publik seharusnya tidak begitu, seharusnya dia menunjukan kepada publik kompeten. Kalau jawab seperti itu bisa jadi problem,” kata dia dihubungi lewat telepon, Selasa (13/3/2018).

Firman juga menilai Dedi Mulyadi lebih mendominasi Pilgub Jabar dibandingkan Deddy. Bupati Purwakarta itu lebih sering muncul untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan mooderator dan paslon lainnya.

“Seharusnya yang leading cagub (Demiz), tapi yang lebih muncul Demul (cawagub). Ini persoalan leadership karena Demul punya potensi, ini bisa jadi problem juga,” tutur dia.

Sementara itu Pengamat Politik Unpar Asep Warlan menilai baik Demiz maupun Dedi mampu tampil cukup baik. Keduanya mampu memperlihatkan komitmennya untuk membawa perubahan.

“Posisi dia incumbent tapi dia ingin mengoreksi. Kalau saya jadi gubernur saya akan lakukan ini. Kalau saya jadi gubernur saya bisa melakukan banyak hal. Memang tidak secara lugas disampaikan tapi dia mencari peluang bahwa pemikiran itu bisa dituangkan,” tandasnya.

Baik Firman maupun Asep keduanya sepakat bahwa pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum paling unggul dalam debat Pilgub Jabar. (det.c/adam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top