Politik

Operasi Mata Sudah Bisa Melihat Bayangan Jari

Jakarta, ToeNTAS.com,- Operasi tahap dua terhadap mata Novel Baswedan selesai dilakukan kemarin. Mata kiri Novel yang dipasangi artificial cornea kini disebut sudah bisa melihat bayangan jari dan tubuh.

“Pada pukul 08.00, dokter visit ke RS, yang intinya menyampaikan bahwa hasil operasi baik, mata kiri Novel sudah dapat melihat bayangan jari digerakkan dan bayangan tubuh,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Sabtu (24/3/2018).

Namun, untuk proses perbaikan penglihatan mata kiri Novel, masih dibutuhkan waktu. Febri menyebut masih ada pembengkakan yang terjadi di lapisan gusi yang dipasang.

“Dikarenakan baru selesai operasi kemarin (23/3), maka masih terdapat pembengkakan pada lapisan gusi pada mata kiri tersebut yang akan membaik (mengempis) dalam beberapa hari ke depan,” tutur Febri.

Wartawan menerima foto kondisi mata kiri Novel pascaoperasi. Pada bagian tengah kornea mata terdapat lensa artificial berwarna transparan. Posisi lensa itu tampak dikelilingi jaringan gusi di sekitarnya. Selanjutnya, menurut Febri, lensa dan gusi akan tumbuh rata nantinya.

“Besok pagi dokter akan melakukan pemeriksaan kembali dan diharapkan Novel sudah diperbolehkan keluar RS untuk melakukan rawat jalan dan harus tetap tinggal di Singapura kurang-lebih 3-4 minggu ke depan untuk kontrol rutin,” kata dia.

“Kesimpulan, operasi berjalan baik dan sukses. Diharapkan beberapa hari ke depan penglihatan mata kiri berangsur membaik,” tutup Febri.

Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal pada 11 April 2017 seusai salat subuh di masjid dekat rumahnya. Semenjak itu, dia harus menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura.

Mata kiri Novel mengalami kerusakan hingga 95 persen akibat peristiwa itu. Sebelum operasi tahap 2 ini, Novel juga telah berkali-kali menjalani operasi untuk menyembuhkan kedua matanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top