Metro

Cegah Teror, Kamera CCTV di Jakarta Akan Dilengkapi “Face Recognition”

foto

JAKARTA, ToeNTAS.com,- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya bakal mengembangkan teknologi face recognition atau pengenalan wajah melalui kamera CCTV. Selain memudahkan pelacakan pelaku kejahatan, Sandiaga mengatakan, face recognition juga berguna mencegah terorisme.

“Baru saja teman-teman mem-brief saya mengenai keharusan kita meningkatkan kamera CCTV yang ada dan dilengkapi aplikasi yang bisa memprediksi berdasarkan face recognition,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2018) malam.

Menurut dia, fitur ini bakal digunakan untuk Asian Games 2018. Ia ingin para peserta dan tamu Asian Games merasa aman, terutama pasca-insiden di rumah tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. “Intinya kami tidak akan takut dan kami akan mengirimkan pesan kepada para peserta, official maupun suporter untuk Asian Games bahwa Jakarta aman,” ujarnya.

Kamera CCTV dengan face recognition ini bakal ditempatkan di venue-venue Asian Games. Jika berhasil, penempatan kamera akan diperluas ke titik-titik strategis Jakarta untuk mencegah kejahatan di kemudian hari.

Untuk mewujudkan ini, Sandiaga menyebut, Jakarta Smart City bisa bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Jepang, NEC. (kom.c/Kris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top