Keluarga

Cara Merawat Bayi 5 Bulan

foto

ToeNTAS.com,- Pada usia 5 bulan, bayi anda akan mencoba berbicara dan mengeksplorasi kemampuannya sendiri dalam membuat berbagai macam suara. Tentu saja diumur segitu bayi Anda akan mengalami banyak perkembangan baik dari segi psikis maupun fisik. Perkembangan tersebut antara lain:

1. Kemampuan Motorik Bayi 5 Bulan

Bayi usia 5 bulan umumnya lebih suka duduk tegak dalam waktu lama di mana ia dapat mengambil benda-benda di sekitarnya. Tanpa disangga pun bayi usai 5 bulan sudah dapat duduk tegak, namun hanya untuk beberapa saat sehingga anda tidak boleh lengah dan tetap berjaga-jaga agar ia tidak jatuh.

2. Cara Tidur Bayi 5 Bulan

Umumnya, bayi yang sudah berusia 5 bulan sudah dapat tidur semalam penuh. Jika anda ingin membuatnya mengantuk cepat, anda bisa memandikannya dengan air hangat kemudian setelah dibilas, gendong bayi anda sambal mengayun-ayunkannya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, bisa sambal melantunkan lagu atau bercerita.

Pola tidur yang baik bagi bayi usia 5 bulan, selain tidur malam adalah ditambah dua kali tidur, yaitu siang dan sore. Jika bayi anda kelihatan mengantuk, segerakan untuk tidur, jangan sampai menunggu ia terlalu lelah atau rewel karena itu dapat mengganggu pertumbuhannya.

3. Perkembangan Indera Bayi 5 Bulan

Umumnya bayi berusia 5 bulan dapat sudah dapat membedakan berbagai warna, apalagi warna non-kontras. Untuk pemilihan mainan atau benda-benda untuk bayi anda pilihlah warna yang mereka sukai, misalnya merah, biru atau kuning.

Dalam hal komunikasi, bayi anda mungkin akan mulai mengucapkan suara-saura seperti “ba-ba” atau “ma-ma” dan mengulangnya tersu menerus. Manfaatkan hal ini sebagai latihan berkomunikasi dengan anak anda. Coba ajarkan beberapak kosakata paling dasar yang menganfung huruf konsonan.
Bayi juga mulai mengerti suara-suara asing seperti suara kucing atau hewan lainnya, serta suara mesin misalnya mesin cuci.Meski belum mengerti sepenuhnya, namun dalam usia ini bayi anda dapat merespon denga menoleh ketika dipanggil namanya.

4.  Pola Makanan Bayi 5 Bulan

Memang umumnya, makanan padat baru diberikan kepada bayi berusia 6 bulan ke atas. Namun juka bayi anda yang berusia 5 bulan belum kenyang jika hanya diberi asi atau susu formula maka anda dapat memberikannya makanan padat, tapi tidak sebelum berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Apabila bayi anda memperlihatkan beberapa tanda seperti berikut, artinya bayi anda sudah siap mengonsumsi makanan padat.

Tanda-tanda bayi sudah siap menerima makanan padat :

  1. Bayi terlihat tertarik dengan makanan seperti ingin menyentuh atau memegangnya
  2. Bayi sudah dapat menopang kepalanya dengan baik untuk waktu beberapa saat
  3. Bayi sudah mampu menggerakkan bibir bawah untuk menyedot sesuatu
  4. Usus bayi sudah siap untuk mencerna makanan padat atau sudah dapat mengeluarkan enzim pencerna tertentu

Jika anda ingin memberi makanan padat, sebaiknya berikan makanan yang mudah dicerna dan rasanya tidak asing bagi abyi misalnya sereal atau bubur yang dicampur asi.

Perhatikan reaksi bayi anda terhadap makanan tersebut, jika ia menolak dan membuangnya kembali kemungkinan ia belum siap memakan makanan padat. Tunggu beberapa hari, baru cobalah untuk memberikannya makan padat kembali.

Tips Merawat Bayi 5 Bulan

• Untuk permainan bayi anda, sebaiknya menggunakan mainan warna-warni namun bentuknya sederhana, misalnya balok, kubus atau giring-giring.

• Ketika bermain, perkenalkan mainan baru dengan menyebutkan namanya, sehingga bayi anda mendapat kosakata baru

• Bayi anda sekarang akan lebih tertarik dengan lagu atau music. Anda bisa memutarkan berbagai macam music untuk bayi anda, atau mungkin anda sendiri dapat bernyanyi untuk bayi anda. Biasanya bayi akan memberikan reaksi semacam senyuman atau celotehan.

• Sekarang bayi anda bisa bergerak jauh dari tempat semula. Jauhkan semua hal yang berbahaya seperti minuman panas atau alat pembersih yang berbahaya jika diminum bayi. Tutup colokan listrik dan selau awasi bayi anda. (car-b.bs.c/Lina)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top