Kesehatan

Rahasia Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cerah Tanpa Celah

foto

ToeNTAS.com,- Sebagai organ terluas, kulit berfungsi penting mulai dari menjaga keseimbangan cairan tubuh hingga melindungi badan dari bakteri, polusi juga beragam zat kimia. Karenanya, penting bagimu untuk tahu bagaimana cara merawat kulit dengan tepat.

Memiliki kulit sehat dan cerah mungkin jadi impian banyak orang. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menerapkan ragam kebiasaan berikut.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

cara merawat kulit agar terhindar dari sinar matahari

Selalu mengoleskan tabir surya termasuk cara merawat kulit agar sehat

Bisa meningkatkan produksi vitamin D yang baik untuk tubuh, paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan kerutan hingga berkembangnya kanker pada kulit. Karenanya, lindungi kulit secara tepat dengan beberapa tips di bawah ini.

  • Mengoleskan tabir surya setiap hari. Pilihnya tabir dengan kadar SPF paling tidak sebesar 15.
  • Menghindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga 2 siang. Bila terpaksa keluar, kenakan topi, payung, atau pakaian berlengan panjang.

Menerapkan Pola Makan Sehat

cara merawat kulit

Tomat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Pola makan yang tepat bisa menyehatkan kulit dari dalam. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang bisa dipilih untuk kulit indahmu.

  • Tomat bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk kanker kulit. Hal tersebut berkat kandungan pigmen likopennya.
  • Mangga mengandung antioksidan yang dapat melindungi ragam komponen kulit seperti kolagen
  • Cokelat hitam mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan fungsi dan struktur kulit. Misalnya meningkatkan hidrasi kulit dan melawan kerusakan akibat sinar UV.
  • Minyak zaitun dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini mulai seperti bintik hitam dan kerutan akibat paparan sinar matahari
  • Teh hijau mengandung polifenol yang dapat meremajakan sel kulit. Hal tersebut juga dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka

Selain itu, untuk kulit sehat, kamu juga perlu membatasi asupan kalori di mana makanan rendah kalori dapat memperlambat proses penuaan kulit. Dan membantu kulitmu tampak lebih muda, batasi juga konsumsi karbohidrat olahan dan lemak tidak sehat.

Melakukan Perawatan Kulit yang Tepat

melakukan perawatan kulit yang tepat

Hindari mandi terlalu lama serta gunakan sabun berbahan lembut merupakan cara merawat kulit sehat

Selain beberapa hal di atas, beragam produk kecantikan dan kebiasaan sehari-hari memiliki pengaruh penting untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, terapkan cara merawat kulit agar sehat berikut.
  • Gunakan sabun bebas pewangi dan berbahan lembut agar minyak yang melapisi kulit tetap terjaga.
  • Membatasi waktu mandi. Cukup mandi 5 hingga 10 menit saja. Mandi terlalu lama dapat membuat kulit kering. Selain itu, hindari mandi air panas, lebih baik pilih air hangat saja. Pasalnya, air panas dapat merusak kulitmu.
  • Keringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok, agar kelembapan tetap terjaga. Setelah itu, oleskan juga pelembap agar tetap terhidrasi. Lebih baik, pilih pelembap non-komedogenik agar tidak menyumbat pori kulit.
  • Pilihlah deterjen bebas alergi dan kenakan pakaian dari bahan lembut seperti katun atau sutera untuk mencegah iritasi
  • Selalu mengoleskan lotion atau krim sebelum mencukur agar kulit terlindungi.
  • Bersihkan kuas make up secara teratur untuk mengurangi bakteri atau zat lain yang dapat menyumbat pori kulit.

Sebagai tambahan, hindari menyentuh wajah apalagi menekan jerawat. Meski sudah sering dicuci, ragam kotoran yang dapat menyumbat pori kulit mungkin masih menempel di tanganmu.

Mengelola Stres

mengelola stres

Yoga dapat menenangkan pikiran sehingga meredakan stres

Saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak androgen, yaitu hormon yang mendorong produksi sebum, yang merupakan zat berminyak. Kondisi ini bisa membuat kulit berisiko mengalami jerawat, kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

Oleh karena itu, ragam cara mengelola stres seperti meditasi dan yoga mungkin perlu kamu lakukan.

Berhenti Merokok

berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan penuaan diri dengan memicu munculnya keriput

Merokok mempersempit pembuluh darah pada lapisan terluar kulit sehingga aliran darah menurun. Kondisi ini dapat mengurangi nutrisi penting untuk kulit sehingga bisa menyebabkan munculnya kerutan dan membuatmu tampak tua.

Selanjutnya, kolagen yang mengencangkan kulit juga dapat rusak akibat merokok. Tak hanya itu, ekspresi berulang seperti mengerutkan bibir dan memincingkan mata yang dilakukan saat merokok juga memicu timbulnya kerutan di wajah.

Tidur Cukup

tidur yang cukup

Tidurlah 7-9 jam per hari agar kulit tetap kencang dan awet muda

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7 hingga 9 jam per hari. Kurang tidur dalam jangka panjang tak hanya membuat rona kulitmu memburuk tetapi juga mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko ragam penyakit termasuk diabetes dan kanker.

Hal tersebut disebabkan karena selama tidur, tubuh memproduksi kolagen, menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak, dan juga meningkatkan aliran darah. Jadi, usahakan meluangkan waktu untuk tidur sesibuk apapun dirimu.

Cara merawat kulit agar sehat tidaklah sulit. Misalnya, cukup dengan tidur sekitar 8 jam per hari hingga mengonsumsi sajian yang tepat dapat membuat kulitmu indah.

Jadi, tunggu apalagi, yuk terapkan hidup sehat untuk kulit sehat bercahaya! (db.c/gery)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top