Nasional

Jelang Lebaran, Permintaan Kue Kering Meningkat

foto

ToeNTAS.com,- Produsen kue Lebaran di Kota Malang mulai kebanjiran pesanan. Terutama kue kering yang biasa disajikan saat Lebaran. Peningkatan permintaan pun cukup signifikan.

Seperti yang dialami pemilik industri kue kering Cempaka Cookies, Endang Susilowati, 48. Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dia menerima orderan hingga kue sebanyak 25 kilogram per hari.

Padahal pada hari-hari biasa, pesanan hanya mencapai 4 kilogram per hari. “Hanya melayani yang pesan saja, itupun jarang,” ujarnya ketika ditemui JawaPos.com, Sabtu (2/6).

Ada beberapa jenis kue kering yang dibuat Endang beserta empat karyawannya pada saat Ramadan. Adalah nastar, kastengel, putri salju, coco chip dan kue kacang. “Per hari satu macam. Bisa sampai 40 toples,” ungkapnya.

Harga per toplesnya pun beragam. Mulai dari harga Rp 30 ribu sampai Rp 70 ribu. Selain itu, Endang juga menerima orderan secara kiloan. “Kalau pesenan per kilo mulai Rp 70 ribu sampai Rp 140 ribu,” lanjutnya.

Tahun ini, Endang mengaku menaikkan harga kue keringnya. Yakni sebesar Rp 5 ribu. Hal itu dikarenakan kenaikan harga beberapa bahan pokok. “Telur, keju dan mentega (harganya) naik,” jelasnya.

Kendati ada peningkatan, pesanan kue kering terbilang menurun dibandingkan moemn serupa pada tahun lalu. Sebelumnya, Endang bisa menjual 257 kilogram dalam sebulan. “Kalau sekarang hingga pertengahan puasa ini baru 130 kilogram yang terjual,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top