Daerah

Survei Terbaru, Pertarungan di Pilgub Sumsel Makin Sengit

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2018. Dari survei ini, persaingan semakin sengit, di mana perolehan pasangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Dodi Reza Alex dan Giri Ramanda N. Kiemas tak beda jauh dengan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya.

Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ruly Akbar di Palembang menyebutkan pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda mendapat dukungan mencapai 27,7 persen. Pasangan ini mendapat dukungan paling tinggi dibanding tiga pasangan lain.

Misalnya pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya yang 23,2 persen, Ishak Mekki-Yudha Pratomo 18,4 persen, dan Aswari Rivai-M Irwansyah 8,6 persen. Sedangkan responden yang belum memutuskan sebanyak 22,1 persen.

“Elektabilitas Herman Deru turun karena mengangkat kembali isu lama,” ujar Ruly dikutip¬†Antara, Jumat (8/6).

Sementara tingkat pengenalan Dodi, kata Ruly, menanjak terus. Misalnya, pada bulan Februari 2018 sebesar 75,8 persen, kemudian pada bulan Mei sebesar 79,8 persen, dan pada bulan Juni 2018 sebesar 83 persen.

Sementara itu, pengenalan Herman Daru cenderung stagnan dalam dua bulan terakhir. Pada bulan Februari sebesar 82,7 persen, kemudian naik pada bulan Mei sebesar 85,5 persen, dan pada bulan Juni sebesar 85,9 persen.

“Jadi, tingkat pengenalan Dodi paling konsisten naik,” ujarnya.

“Jika tren Dodi terus menanjak, dia tak tertahankan. Kandidat lain bisa mengalahkan Dodi jika berhasil mematahkan tren menanjak Dodi,” kata dia.

Adapun survei LSI dilakukan pada 1 sampai 5 Juni 2018. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1.000 responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 3,1 persen.

Survei ini berbeda dari survei sebelumnya yang dilakukan Populi Center. Dari survei yang digelar pada 15-22 Januari 2018 tersebut, menempatkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya yang diusung PAN, NasDem, dan Hanura di posisi pertama dengan elektabilitas 41,4 persen.

Sedangkan di posisi kedua ditempati pasangan yang diusung PDIP, Golkar dan PKB, yaitu Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas dengan elektabilitas 21,3 persen.

Kemudian pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo, di posisi ketiga dengan elektabilitas 16,4 persen. Untuk posisi keempat diduduki pasangan Aswari-Irwansyah dengan elektabilitas 9,0 persen, dan sisanya 12 persen belum menentukan pilihan.

Survei ini dilakukan di 80 desa/kelurahan, melalui wawancara tatap muka dengan 800 responden yang dipilih dengan metode Multi Stage Random Sampling dengan margin of error +/- 3,39 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (cnn.c/Obi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top