Metro

Sandi Ingin LRT Jakarta Gratis Selama Asian Games

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Light Rail Transit (LRT) Fase I yang melayani Kelapa Gading-Velodrome rencananya akan beroperasi sebelum gelaran Asian Games pada Agustus 2018. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan untuk membangun animo masyarakat, ia ingin tarif LRT dibebaskan saat Asian Games berlangsung.

“Kita akan dorong selama Asian Games ini kita bebaskan dulu untuk membangun animo masyarakat,” kata Sandiaga, di Stasiun Boulervard Raya Selatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6/2018).

Sandiaga mengatakan hal itu masih perlu dikaji lebih dalam lagi. Ia akan menghitung dari sisi ekonomi tarif LRT tersebut.

“Kita lagi menghitung memastikan bahwa awareness dari masyarakat, tingkat kepengetahuan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia ini ada,” ujar pria yang akrab disapa Sandi itu.

Sementara untuk tarif pasca gelaran Asian Games, Sandiaga berharap tarif yang ditetapkan tidak akan terlalu mahal. Tarif, kata Sandiaga, harus dibuat menarik agar masyarakat mau berpindah menggunakan LRT.

Selain itu, penetapan tarif juga akan dihitung dari Public Service Obligation (PSO) yang akan digelontorkan pemerintah untuk LRT.

“Ini yang akan dihitung oleh timnya Pak Satya (Dirut PT Jakarta Propertindo, Satya Heragandi),” kata Sandiaga.

“Tapi nanti akan di uji berapa PSO yang akan harus di anggarkan dan mendapat persetujuan dari teman-teman di DPRD,” tutur Sandi.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menjajal gerbong LRT ujicoba. Ujicoba dilakukan dari Stasiun Boulevard Raya Selatan menuju Stasiun Boulevard Raya Utara.

“Kalau tadi dicoba rasanya seperti infrastruktur yang di negara-negara maju baik di Eropa maupun di Asia Utara. Ini yang menjadi kebanggan bagi kita bahwa SDM-SDM kita di bawah Jakpro enggak kalah dengan crew internasional bisa menghadirkan suatu infrastruktur yang bisa bersaing,” pungkas Sandi. (det.c/rizak)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top