Metro

CPNS 2018 Capai 4 Juta Pelamar, Ini Jumlah Pendaftar dari Tiap Formasi

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 telah berlangsung selama 16 hari. Pendaftaran secara online melalui situs Sistem Seleksi CPNS Nasional atau SSCN ini akan berakhir pada 15 Oktober mendatang. Seleksi CPNS 2018 terdiri dari beberapa tahap.

Secara umum tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Sambutan masyarakat terhadap pembukaan lowongan CPNS oleh pemerintah ini terbilang tinggi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah pelamar yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi.

Persaingan pelamar pada seleksi CPNS 2018 diprediksi akan berlangsung secara ketat. Berdasarkan informasi yang diterima wartawan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) per hari ini, Kamis (11/10/2018) pukul 16.00 WIB, total pelamar yang sudah mendaftarkan akun SSCN tercatat lebih dari 4 juta orang.

Padahal, pemerintah hanya mengalokasikan sebanyak 238.015 formasi untuk CPNS tahun ini, dengan total formasi yang terbagi pada instansi pusat dan daerah. Namun, dari total pelamar yang mendaftarkan akun SSCN tersebut, baru 2.572.891 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran.

Pendaftar CPNS kali ini terdiri dari berbagai formasi, seperti formasi umum, lulusan terbaik (cumlaude), diaspora, disabilitas, atlet berprestasi internasional, honorer K2, serta putra/putri Papua dan Papua Barat. Berikut rincian jumlah pelamar masing-masing formasi yang masuk dalam sistem SSCN per hari ini:

1. Formasi Umum Banyaknya akun pelamar dari formasi umum sebanyak 4.081.203 orang. Sementara pelamar yang telah menyelesaikan pendaftaran sebanyak 2.550.363 orang.

2. Formasi Penyandang Disabilitas Total akun pelamar dari formasi disabilitas sebanyak 2.221 orang. Sedangkan, jumlah pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran sebanyak 1.151 orang.

3. Formasi Putra/Putri Papua Formasi Jumlah akun pelamar formasi Putra/Putri Papua sebanyak 4.503 orang. Tapi, dari total tersebut belum semuanya menyelesaikan proses pendaftaran. Total pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran sebanyak 2.385 orang

4. Formasi Lulusan Terbaik Total akun pelamar untuk formasi lulusan terbaik atau cumlaude sebanyak 18.410 orang. Dari total tersebut, baru 14.242 orang yang menyelesaikan proses pendaftaran.

5. Formasi Diaspora Banyaknya akun pelamar dari formasi diaspora per hari ini, Kamis (11/10/2018) pukul 16.00 WIB adalah 61 orang. Dari 61 orang tersebut, baru 6 orang yang menyelesaikan proses pendaftaran.

6. Formasi Atlet Berprestasi Internasional Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, hingga sore hari ini belum ada pelamar dari formasi atlet berprestasi internasional.

7. Formasi Honorer K2 Sebanyak 6.510 orang mendaftarkan akun dari formasi honorer K2. Namun, jumlah pelamar yang telah menyelesaikan proses pendaftaran sebanyak 4.834 orang.

Bagi Anda yang berminat mengikuti seleksi CPNS tahun ini masih mempunyai kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id. Jangan lupa untuk memperhatikan alur dan dokumen yang disyarakatkan oleh instansi yang akan dituju.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top