Metro

Yayasan Al-Jihad Cilodong Depok Gelar Upacara Sumpah Pemuda Ke-90

Anak-anak Paskibra MTs Al-Jihad Cilodong Depok
Anak-anak Paskibra MTs Al-Jihad Cilodong Depok

DEPOK, ToeNTAS.com – Yayasan Al-Jihad Cilodong Depok Gelar Upacara Sumpah Pemuda Ke-90 di Aula, Senin, (29/10).

Ketua Yayasan Al-Jihad Cilodong Depok yang juga merupakan Kepala Sekolah MTs Al-Jihad Cilodong Depok Dra. Hj. Neni Argaeni, M.Pd.I., mengatakan bahwa untuk mengenang perjuangan para pemuda 90 tahun yang lalu, Al-Jihad menggelar upacara Sumpah Pemuda.

Neni Argaeni menjelaskan, peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Kepada wartawan ToeNTAS.com, Neni Argaeni mengungkapkan, Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia.

Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Kepsek MTs Al-Jihad Cilodong Depok bersama siswa kelas 7.

Kepsek MTs Al-Jihad Cilodong Depok bersama siswa kelas 7.

Lebih lanjut Neni Argaeni memaparkan, Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

Siswi favorit MTs Al-Jihad Cilodong Depok.

Siswi favorit MTs Al-Jihad Cilodong Depok.

Neni Argaeni pun membacakan Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua  yang diikuti oleh seluruh peserta upacara yang terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs dan MA.

Adapun isi dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut :
PERTAMA, Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA, Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA, Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

“Bangsa yang kuat adalah bangsa yang menghargai para pejuang. Dalam hal ini pemuda-pemudi pada zaman itu yang berjuang menyatukan perbedaan (suku dan bahasa) sehingga menjadi satu
kesatuan yakni bangsa Indonesia,” tukas Neni Argaeni.

Neni Argaeni pun mengharapkan kepada seluruh siswa Al-Jihad Cilodong Depok untuk senantiasa berbahasa Indonesia yang baik dan benar karena 90 tahun yang lalu para pemuda Indonesia dari beragam suku bangsa berusaha untuk berkomunikasi namun sulit, hingga kemudian lahirlah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

“Marilah kita bangga menjadi bangsa Indonesia. NKRI harga mati. Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yakni Indonesia,” tegas Neni Argaeni.

Upacara Sumpah Pemuda di Al-Jihad Cilodong Depok ini ditutup dengan pembacaan puisi bertemakan pemuda harapan bangsa.

Berdasarkan pengamatan ToeNTAS, walaupun pagi itu cuaca mendung namun tidak menyurutkan semangat para siswa MI, MTs dan MA Al-Jihad Cilodong Depok untuk melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda.

Bahkan anak-anak Paskibra Al-Jihad Cilodong Depok yang langganan juara ini telah stand by di lapangan upacara 10 menit sebelum upacara dimulai. (Inge Thirta),-

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top