Metro

Kajari Jakpus Apresiasi Mandala Serahkan Diri, Langsung Dieksekusi

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kajari Jakpus) Kuntadi memuji langkah Mandala Shoji menyerahkan diri. Mandala langsung dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba untuk menjalankan hukuman pidananya.

“Yang bersangkutan secara gentle dan kita apresiasi langkahnya menyerahkan diri,” ujar Kuntadi di kantor Kejari Jakpus, Kemayoran, Jumat (8/2/2019).

Kuntadi menyebut Mandala tadi telah menjalani proses administrasi dalam rangka eksekusi. Pengecekan kesehatan juga dilakukan terhadap Mandala.

“Karena ini pelanggaran pidana pemilu pada prinsipnya kita kedepankan persuasiflah,” sebut Kuntadi.

Dia memastikan Mandala tidak masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Kuntadi mengaku hanya sebatas mengimbau Mandala menyerahkan diri.

“Nggak (DPO), saya masih dalam tahap imbauan tapi kalau memang batas imbauan nggak dipenuhi pasti langsung kita ambil langkah-langkah,” kata Kuntadi.

Mandala sebelumnya dua pekan dicari. Tim jaksa sempat mendatangi rumah Mandala di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, namun tak bisa menemui Mandala. Di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Mandala divonis bersalah melanggar aturan pemilu karena membagi-bagikan kupon umrah. Mandala divonis hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, pengajuan banding Mandala ditolak. Pengadilan Tinggi DKI memutuskan menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tak ada upaya hukum lain karena UU Pemilu Nomor 7/2017 mengatur soal putusan pengadilan tinggi sebagai putusan terakhir dan mengikat sebagaimana Pasal 482 ayat 5.

KPU pun memastikan mencoret nama Mandala dari daftar calon tetap (DCT) dan akan diumumkan pula di TPS bila Mandala tidak berhak dipilih (d.c/m)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top