Nasional

“Quick Count” Pilpres Kompas di Jawa Timur: Jokowi Ungguli Prabowo, tetapi Tidak di Madura

foto

ToeNTAS.com,- Hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 yang dirilis oleh Litbang Kompas pada Rabu (17/4/2019) hingga pukul 21.15 WIB menunjukkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 64,65 persen suara dan pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno  35,35 persen di Jawa Timur.

Berdasarkan peta sebaran dalam hitung cepat ini, Jokowi-Ma’ruf unggul secara merata di seluruh wilayah Jawa Timur. Sementara itu, Prabowo unggul telak di Madura dan unggul di sebagian Bondowoso, Situbondo dan Pacitan. Di Jawa Timur, Litbang Kompas mengambil 324 sampel TPS dengan margin of error di bawah dua persen.

Sementara itu, total ada 2.000 sampel TPS dengan margin of error di bawah satu persen yang diambil Litbang Kompas untuk merilis hasil quick count secara nasional.

Pada saat berita ini diturunkan, sampel suara nasional yang masuk sudah mencapai 92,85 persen. Sebagai perbandingan, pada Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan Jusuf Kalla menang dengan perolehan suara 53,17 persen di Jawa Timur, sedangkan pesaingnya, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa meraih suara 46,83 persen.

Hasil quick count ini bukan hasil resmi. KPU nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilpres 2019. (k.c/Y)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top