Wisata

Wisata Raja Ampat Surga Dunia

foto

Raja Ampat, ToeNTAS.com,- Jika ingin menemukan tempat wisata berupa surga pemandangan yang alami serta kehangatan dan keramahan penduduk setempat yang menyambut dengan tulus dan senang hati, datanglah berkunjung ke Raja Ampat. Berbagai keajaiban yang luar biasa dapat dinikmati di Raja Ampat, sebuah kabupaten kepulauan yang terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di Provinsi Papua Barat. Sekitar 1.500 pulau-pulau kecil yang indah tersebar di Raja Ampat dalam bentuk kawanan pulau, dimana ada empat pulau utama, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari sebuah legenda yang mengisahkan tentang seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur. Empat telur diantaranya menetas dan menjadi raja empat pulau utama, sementara tiga telur lainnya menjadi seorang wanita, hantu, dan batu. Semua keajaiban yang spektakuler dapat dinikmati di seluruh pelosok Raja Ampat, baik di daratan maupun di perairannya.

Pesona Raja Ampat

Pesona Raja Ampat

Berbagai macam kata pujian seperti indah, mempesona, megah, dan sangat menarik mendapatkan makna yang sebenarnya secara fisik di tempat ini. Bagi para penggemar wisata bawah air, Raja Ampat menawarkan sebuah pengalaman tingkat dunia yang tinggi, karena merupakan sebuah wilayah kepulauan yang sangat luas, meliputi 9,8 juta Ha daratan dan lautan, dan menjadi rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan-ikan karag dan 700 jenis moluska. Itu semua menjadikan Raja Ampat sebagai
perpustakaan hidup paling beragam untuk terumbu karang dan biota bawah laut dunia.

Menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, sekitar 75% spesies dunia tinggal di perairan Raja Ampat. Jumlah serta tingkat keragaman hayati dan sistem terumbu yang luar biasa besar ini adalah sebuah impian yang menjadi kenyataan bagi para penyelam penikmat keindahan bawah laut, dan merupakan sebuah situs yang fantastis bagi para pecinta snorkeling.

Saat memulai menyelam, perhatian kita akan terfokus pada berbagai macam detil dan keindahan yang dimiliki oleh biota laut yang berada di perairan Raja Ampat. Perhatian yang mendetil akan memberikan makna baru ketika Kuda Laut Kerdil berenang mengelilingi jari kita, dan ikan Pari meluncur tepat di samping kita. Ikan Tuna, Trevallies raksasa, Snappers, Batfish, dan bahkan Barakuda juga akan melengkapi pertemuan kita dengan biota laut Raja Ampat. Lebih turun lagi ke bawah, kita akan disambut oleh ikan Duyung (Dugong) dan kura-kura. Sedangkan di dasar laut, ada kerang laut raksasa yang berukuran lebih dari satu meter. Semua itu benar-benar menawarkan suatu sensasi kedekatan.

Keindahan Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat

Tentunya, ada banyak tempat pilihan untuk menyelam dan snorkeling di perairan Raja Ampat yang luas ini. Diantaranya adalah di Kabui Passage (celah sempit di antara pulau Waigeo dan pulau Gam), di sekitar dermaga pulau Arborek, Sawandarek, Yenbuba, Tembok Friwen, dan banyak lagi. Kemegahan bawah laut Raja Ampat memang luar biasa, sementara pemandangan di atas permukaan lautnya juga sungguh menakjubkan. Seolah-olah memang dirancang khusus secara detil dengan hati-hati sehingga mampu menampilkan estetika panorama alam yang menakjubkan.

Pulau-pulau batu di tengah air biru yang jernih dan langit biru yang cerah di Piaynemo menawarkan panorama alam paling spektakuler di muka Bumi. Melihat ke bawah dari puncak bukit, kita akan melihat hamparan lukisan alam terbaik yang menawarkan sekilas panorama surga. Berikutnya di pulau Wayag, kita akan menemukan formasi pulau karang yang menakjubkan dalam skala yang lebih besar lagi.

Satwa liar Raja Ampat yang luar biasa juga akan kita temukan di tengah hutan lebat yang banyak terdapat di kepulauan, di sini kita masih bisa menemukan berbagai jenis burung, termasuk Cendrawasih yang spektakuler dan dikenal sebagai burung surga.

Burung Surga

Burung Surga

Selanjutnya ada spesies kuskus endemik, yaitu kuskus Waigeou (Spilocuscus papuensis) yang merupakan spesies marsupili di keluarga Phalangeridae. Selain atraksi alam yang seolah tiada habisnya, Raja Ampat juga menawarkan keramahan khas orang Papua. Di Desa Wisata Arborek, kita bisa tinggal di sejumlah homestays dan berbaur dengan penduduk setempat sambil mengamati kehidupan sehari-hari dan tradisi unik mereka. Ketika sekelompok wisatawan tiba, mereka biasanya melakukan tarian tradisional selamat datang di dermaga dan menghibur ‘para tamu’ dengan berbagai lagu rakyat Papua.

Dengan berbagai keajaiban yang spektakuler, baik di pedalaman, di pantai, di perairan, di daratan dan suasana tenang yang jarang ditemukan di tempat lain di Bumi ini, Raja Ampat benar-benar menawarkan pengalaman terbaik yang hanya bisa diimpikan, sebuah surga di Bumi. (cotwp.c/H)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top