Metro

Kemenhub Sediakan 11 Bus Mudik Gratis untuk Perantau Sumbar di Jakarta

foto

ToeNTAS.com,- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 11 bus angkutan lebaran secara gratis untuk perantau Minang di Jakarta yang ingin mudik ke kampung halamannya di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Noviardi menjelaskan, bus yang digunakan berkapasitas 38 penumpang. Menurut dia, Ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. “Mudah-mudahan mudik tahun ini aman terkendali,” kata Heri Noviardi saat dihubungi wartawan, Kamis (23/5/2019).

Ia menjelaskan bahwa mudik gratis ini merupakan program dari Kemenhub untuk perantau di Jakarta yang ingin mudik ke Padang. Mereka bisa melakukan pendaftaran di Kementerian Perhubungan atau melihat informasi di: https://mudikgratis.dephub.go.id.

Menurut Heri, Lebaran tahun ini, banyak pemudik asal Sumbar yang akan menggunakan angkutan darat. Ia memprediksi akan ada peningkatan sebanyak 6,6 persen dalam pemakaian jumlah angkutan umum. “Ini ada kaitannya dengan harga tiket pesawat yang naik,” ujar Heri.

Untuk itu, Dishub Sumbar pun telah melakukan sosialisasi kepada perusahaan angkutan umum dan masyarakat agar terwujud mudik lebaran yang nyaman dan aman.

“Untuk persiapan mudik gratis ini, kami telah melakukan cek fisik bus di Jakarta. Kegiatan ini terus kami lakukan hingga mendekati lebaran. Ini kami lakukan agar pemudik bisa aman berkumpul dengan keluarganya,” kata dia. (cov.c/F)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top