Metro

WhatsApp Dirut Tempo Toriq Hadad Dibajak, 2 Pelaku Ditangkap Polisi

foto

Jakarta , ToeNTAS.com,- Nomor WhatsApp milik Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad (52) dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab. Dua orang pelaku telah ditangkap polisi.

“Iya betul, pelakunya dua orang sudah ditangkap,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan saat dihubungi wartawan, Jumat (12/7/2019).

Iwan menyebut aksi pembajakan itu terjadi pada 1 Juli 2019 dan korban sendiri langsung melaporkan hal itu ke polisi pada keesokan harinya. Dua orang tersangka itu yakni Nakir (25) dan Sukmawati (26), ditangkap di Makassar, pada tanggal 9 dan 10 Juli.

Pada saat kejadian itu, korban sedang berada di kantornya menerima pesan WhatsApp dengan nama ‘Dodon’ yang mengaku teman korban semasa kuliah. Korban lantas menerima pesan yang bertulis ‘apa bila ingin berkomunikasi WhatsApp dengan korban harus menggunakan kode khusus’.

“Sekitar pukul 16.00 WIB sore kemudian ‘Dodon’ memberitahukan kepada korban apakah ada kode masuk,” ungkap Iwan.

Merasa percaya, korban memberitahu kode khusus itu ke Dodon. Setelah memberitahu kode itu, korban tidak bisa lagi mengakses WhatsApp-nya.

Setelah menguasai WhatsApp korban, pelaku mencoba menghubungi nomor-nomor kontak yang ada di phone book korban. Pelaku kemudian meminjam uang ke beberapa temen korban dan ia berhasil mendapatkannya.

“Kemudian pelaku menghubungi teman korban dan pelaku mengaku sebagai korban dan meminta meminjam uang senilai Rp 5 juta. Merasa percaya, teman korban langsung mentransfer uang itu,” ungkap Iwan.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan Pasal 30 junto Pasal 46 dan atau Pasal 36 junto Pasal 51 ayat (2) dan atau Pasal 35 junto Pasal 51 ayat (1) UU tahun 2016 tentang ITE. (d.c/K)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top