Keluarga

Mau Punya Anak Cerdas? Yuk Sering Ajak Anak Jalan-Jalan di Akhir Pekan

foto

ToeNTAS.com,-  Moms, apakah termasuk jarang menghabiskan waktu bersama Si Kecil kala akhir pekan?

Jika jawabannya iya, mulai sekarang yuk sediakan waktu untuk piknik bersama karena manfaatnya positif untuk perkembangan otak anak lho.

Bagi orang dewasa menghabiskan waktu untuk berlibur menjadi salah satu cara untuk mengisi ulang energi yang habis terpakai untuk menjalani rutinitas.

Namun berlibur ternyata memberikan manfaat bagi Si Kecil karena dengan demikian Moms bisa menebus waktu yang selama ini kurang didapat oleh anak karena sibuk bekerja.

Ini dia manfaat yang didapatkan ketika kita melakukan liburan bersama anak:

1.Meningkatkan perkembangan otak anak

Perkembangan otak baru sedikit yang mengetahui bahwa liburan dapat memberikan manfaat pada perkembangan otak anak.

Hal ini disebabkan ketika berlibur, kita sedang melatih dua sistem genetik yang terdapat pada otak yang justeru tidak aktif ketika sedang berada di rumah.

Sistem itu disebut Play system dan Seeking system.

Play system pada otak akan terlatih ketika Moms menenggelamkan kaki Si Kecil ke dalam pasir, melakukan sebuah permainan di kolam renang atau menggendong anak di belakang punggung.

Sedangkan Seeking system akan aktif ketika orangtua menjelajahi suatu tempat yang mengasyikkan dengan anak seperti ke hutan, pantai dan tempat petualangan lainnya.

Saat berlibur bersama keluarga dapat memicu tmbulnya senyawa oxytocin dan dopamin yang berperan dalam mengurangi level stres serta menghangatkan suasana dalam keluarga.

Selain itu, dengan mengajak Si Kecil piknik bersama dapat meningkatkan perkembangan otak dalam fungsi kecerdasan sosial dan tingkat fokus lebih baik.

3. Membangun kemampuan konsentrasi

Bermain dengan alam ditemukan memiliki manfaat yang lebih baik daripada obat-obatan untuk Si Kecil.

Bermain di alam bebas juga memberikan efek tenang pada tubuh, dan bagi orangtua dapat menurunkan tekanan darah dan hormon yang menyebabkan stres.

Alam juga menimbulkan efek yang signifikan dalam mendorong kemampuan anak berkonsentrasi akan sesuatu hal serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Selain itu dengan berlibur di luar rumah tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi SI Kecil, juga meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak.

Nah Moms dan Dads, akan berlibur kemana dengan Si Kecil di waktu luang nanti? (nak.g.i/f)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top