Metro

Prabowo Sebut Pindah Ibu Kota Negara Perjuangan Gerindra Sejak Lama

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan gagasan pemindahan ibu kota negara merupakan perjuangan Gerindra sejak lama. Dia mengatakan ini terkait rencana Presiden Joko Widodo memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan.

“Kalau pemindahan ibu kota itu sudah perjuangan Gerindra sejak lama. Dari 2014 kami sudah memiliki keinginan pemindahan ibu kota,” kata Prabowo di kantor DPP Gerindra, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Meski begitu, Prabowo mengatakan pemindahan ibu kota perlu dikaji mendalam. Dia juga menyinggung perlunya konsensus bersama terkait pemindahan ibu kota ini, mulai dari lokasi yang dituju hingga pembiayaan.

“Tentunya pindah ibu kota itu perlu penelitian yang baik. Tempatnya di mana dan bisa diterima semua pihak, biayanya kan juga tidak ringan,” kata dia.

Saat ditanya soal lokasi yang pas, Prabowo tak menjawab. Dia hanya mewanti-wanti agar dicari lokasi terbaik untuk ibu kota baru dengan melibatkan para pakar. “Cari yang terbaik lah, cari pakar dan konsensus yang baik ya,” kata dia.

Sebelumnya, Prabowo pernah bergurau agar ibu kota dipindahkan ke Jonggol, Jawa Barat. Guyonan ini terlontar saat sedang berada ruang VIP Stasiun MRT Lebak Bulus sebelum pertemuan dengan presiden terpilih Joko Widodo, 13 Juli lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut berada di ruang VIP itu mengatakan, Prabowo ingin ibu kota dipindah ke Jonggol. “Biar dekat rumah saya,” kata Prabowo sebagaimana diceritakan Budi, dikutip dari Majalah Tempo edisi 22 Juli 2019. (tem.c/bo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top