Metro

Melihat Kemesraan Jokowi-Prabowo dan Kans Gerindra Gabung Koalisi

foto

ToeNTAS.com,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Ruang Jepara Istana Merdeka Jakarta. Kedua tokoh politik itu kompak mengenakan kemeja putih.

Diawal pertemuan, Jokowi dan Prabowo tampak bersalaman. Setelah awak media dipersilahkan keluar dari Ruang Jepara, keduanya langsung berbincang. Tampak hangat.

Pertemuan keduanya berlangsung kurang lebih 45 menit. Senyum merekah dari wajah Jokowi dan Prabowo, saat keluar dari Ruang Jepara.

Keduanya lalu berjalan beriringan menuju awak media sembari tertawa bersama. Bahkan, Prabowo terlihat tertawa lebar. Tiba di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jokowi dan Prabowo memberikan keterangan pers.

Membuka jumpa pers, Jokowi mengaku membahas sejumlah hal dengan Prabowo yaitu, soal ekonomi, Ibu Kota baru, dan masalah koalisi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku membahas banyak soal kemungkinan Partai Gerindra masuk koalisi pemerintah.

“Tapi ini belum final. Tapi kami sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra koalisi kita,” ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Jokowi lalu mempersilahkan Prabowo yang berdiri disampingnya untuk memberikan keterangan. Dia menyatakan siap membantu pemerintahan Jokowi 5 tahun ke depan.

Sekalipun Partai Gerindra nantinya tak masuk kabinet, Prabowo memastikan bahwa pihaknya akan tetap loyal. Posisi Gerindra, kata dia, akan berasa di luar pemerintahan sebagai penyeimbang.

“Kan kita di Indonesia. Tidak ada oposisi, tetap kita merah putih di segala hal,” ucap Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu menegaskan bahwa hubungannya dengan Jokowi baik dan mesra. Namun, dia menilai banyak pihak yang tak suka apabila hubungannya dengan Jokowi terlihat mesra.

“Hubungan saya baik. Bisa dikatakan mesra gitu Pak (Jokowi) ya? Hahaha banyak enggak suka mungkin,” kata Prabowo.

Pernyataan Prabowo ini pun langsung dibenarkan oleh Jokowi. Bahkan, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan hubungannya dengan Prabowo sangat mesra.

“Sangat mesra. Sangat mesra,” timpal Jokowi.

Hubungan mesra itu juga terlihat saat keduanya berswafoto bersama usai memberikan keterangan pers kepada awak media. Momen tersebut berlangsung secara mendadak.

Setelah Prabowo dan Jokowi melakukan jumpa pers, para awak media meminta Jokowi dan Prabowo untuk berfoto bersama. Padahal, Jokowi hendak mengantar Prabowo yang ingin meninggalkan Istana Merdeka.

“Pak, foto bareng pak…,” teriak para awak media kepada Jokowi-Prabowo.

Mendengar itu, Jokowi dan Prabowo pun berbalik badan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengambil salah satu kamera handphone awak media. Kemudian, dia mengarahkan kamera dengan gaya berswafoto dengan Prabowo.

Di belakangnya juga terlihat para jurnalis yang tengah meliput pertemuan keduanya. Setelah berswafoto, Jokowi pun mengantar Prabowo hingga ke halaman Istana Merdeka.

Jokowi dan Prabowo sama-sama pernah berkontestasi di Pilpres 2014 dan 2019. Pertemuan keduanya selalu dinanti oleh maysarakat lantaran dinilai dapat meredakan suasana, pasca Pilpres.

Jokowi dan Prabowo terakhir bertemu secara resmi di Statiun MRT Lebak Bulus Jakarta pada Juli 2019. Pertemuan itu sangat mendadak.

Kala itu, Jokowi mengajak Prabowo menaiki Mass Rapid Transit (MRT). Dia sengaja memilih MRT sebagai tempat pertemuan pertama pascapilpres, sebab Prabowo belum pernah menaiki kereta bawah tanah itu.

Keduanya lalu turun di Statiun MRT Senayan. Setelah itu, Jokowi mengajak lawan politiknya di Pilpres itu untuk makan di Sate Khas Senayan. Keduanya tampak akrab, berbincang bersama saat santap siang di restoran itu. (lip6.c/G)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top