Politik

Gerindra Ungkap Maksud Prabowo Temui Ketum Partai Koalisi Jokowi

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Belakangan ini, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto aktif bertemu pimpinan partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa tujuan Prabowo?

Jika ditarik seminggu ke belakang, Prabowo Subianto telah bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, memberi penjelasan.

“Silaturahmi ini hal yang biasa saja. Memang silaturahmi ini sudah direncanakan Pak Prabowo setelah melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan partai-partai Koalisi Adil dan Makmur terkait dengan sikap-sikap politik,” kata Dahnil saat dihubungi, Senin (14/10/2019).

“Nah, tahap berikutnya Pak Prabowo memang akan ingin melakukan silaturahmi, rangkaian silaturahmi dengan tokoh-tokoh rival kemarin, untuk menjalin keguyubanlah,” imbuh dia.

Ketika Pilpres 2019 usai, Prabowo memang rajin bertemu dengan sejumlah petinggi partai koalisi Jokowi. Selain Surya Paloh dan Cak Imin yang disebutkan tadi, Prabowo telah bersua Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Hendropriyono hingga Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Dahnil menegaskan rangkaian pertemuan Prabowo dengan jajaran elite koalisi Jokowi semata-mata silaturahmi. Prabowo disebut mengedepankan persatuan bangsa.

“Itu ya dalam rangka silaturahmi politik saja, menyamakan pascapilpres ya kita harus tetap bekerja untuk kepentingan merah putih. Tidak penting apakah akan di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan. Pak Prabowo dalam posisi siap bekerja untuk merah putih,” ucap Dahnil.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu menegaskan Prabowo dan Gerindra belum memutuskan sikap apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintahan Jokowi periode 2019-2024. Dahnil mengulangi lagi pernyataan Prabowo soal ‘bekerja untuk merah putih’.

“Belum dan tidak, belum memutuskan akan bergabung atau oposisi. Kalau bahasa Pak Prabowo, di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan beliau dan Partai Gerindra akan tetap bekerja untuk kepentingan merah putih,” tutur dia.

Senada dengan Dahnil, anggota DPR F-Gerindra Andre Rosiade menyebut pertemuan Prabowo dengan para petinggi koalisi Jokowi hanyalah silaturahmi. Andre mengatakan Prabowo ingin bangsa ini bersama-sama menghadapi beragam masalah terlepas di mana nantinya posisi Gerindra di pemerintahan Jokowi.

“Jadi memang saat ini ancaman terhadap bangsa kita begitu besar ya. Ada ancaman resesi ekonomi, ada ancaman soal keamanan, untuk itu semua anak bangsa dibutuhkan untuk terus bersatu di manapun posisi kita apakah di dalam pemerintah atau di luar pemerintah,” ucap Andre.

Andre menegaskan Prabowo berhak menentukan sikap politik Gerindra untuk ke depan dan semua kader akan patuh.

“Urusan posisi Gerindra di mana itu wewenang Pak Prabowo yang akan memutuskan. Semua kader Gerindra akan sami’na wa atho’na apapun keputusan Pak Prabowo karena kami percaya Pak Prabowo akan mengambil keputusan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Urusan menteri itu urusan Pak Jokowi karena itu hak prerogatif Pak Jokowi,” ucap Andre. (det.c/B)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top