Politik

Sandiaga Uno, Si Calon Menteri BUMN & Ketum Gerindra?

foto

ToeNTAS.com,- Safari politik yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto belakangan, diramal sebagai upaya Gerindra agar ada salah satu anggota dari partainya bisa duduk di kursi pemerintahan.

Mencuat lah nama Sandiaga Uno. Hal itu karena kini Sandiaga baru saja mengumumkan lewat akun sosial medianya di Instagram pada Selasa (15/10/2019) bahwa dirinya kini bergabung dengan Partai Gerindra.

Sandiaga digadang-gadang akan menduduki posisi antara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menjelma menjadi Kementerian Investasi.

Ditemui di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019), Sandi memberikan jawaban normatif perihal rumor itu.

“Jadi, kalau itu (pembentukan kabinet) kan (hak) prerogatif presiden. Prerogatif presiden ya kita hormati, kita hargai,” ujarnya menjawab pertanyaan apakah menolak jika ditunjuk jadi menteri.

Secara khusus, Sandi meyakini bahwa pemerintah membutuhkan masukan dari luar. Untuk itu perlu ada mitra kritis yang konstruktif dan menyampaikan pesan-pesan yang jelas demi kemajuan bangsa. Dengan begitu, Indonesia bisa mengejar ketertinggalan.

“Pengangguran ada di nomor dua terburuk di ASEAN. Penciptaan lapangan kerja kita nggak jalan, sementara Vietnam, dengan adanya perang dagang China dan Amerika ini meraup untung,” imbuhnya di laman detik.com.

Nah, Pengamat Politik Hendri Satrio mengungkapkan harusnya sosok Sandiaga Uno ini yang paling cocok menjadi Ketua Umum Partai Gerindra.

“Sandiaga balik ke Gerindra harusnya jadi Ketua Umum, fasenya ada di sana. Saya yakin Pak Prabowo memikirkan regenerasi. Regenerasi yang tepat adalah Sandiaga Uno,” terang Hendri dalam pesannya.

Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi menilai Sandi layak masuk ke dalam kabinet. Fithra menyebut Sandi sebagai sosok yang tepat mengisi kursi Menteri BUMN.

“BUMN saat ini memiliki beban yang cukup berat. Debt to Equity Ratio (DER) cukup tinggi. Selain itu banyak juga yang tersangkut kasus di KPK,” kata Fithra dalam wawancara khusus dengan wartawan, Senin (14/10/2019).

“Nah Sandiaga ini mampu mengisi kursi Menteri BUMN karena cukup diterima pasar dan kompromi politiknya cukup kuat. Sandiaga pun sesuai background-nya. Ia pengusaha juga investor,” papar Fithra lebih jauh. (cnbc.c/G)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top