Kesehatan

5 Cara Mengobati Diabetes secara Alami dan Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Tentu kita tidak asing dengan kata Diabetes. Salah satu nama penyakit yang mungkin sering kamu dengar, biasanya penyakit ini diderita oleh usia lanjut namun tak jarang juga anak muda jadi korbannya.

Indonesia sendiri tengah menghadapi ancaman diabetes. International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan, epidemi diabetes di Indonesia cenderung meningkat. Indonesia menduduki peringkat keenam dengan jumlah penyandang diabetes usia 20-79 tahun sekitar 10,3 juta orang.

Jika kamu adalah salah satu orang yang terdiagnosa penyakit ini, janganlah berputus asa. Awalnya mungkin kamu merasa tertekan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Kamu pun merasa khawatir dengan berbagai macam perawatan yang akan kamu jalani. Kamu pun menjadi kehilangan semangat untuk menjalani hari-harimu.

Mengidap penyakit diabetes bukanlah akhir dari segalanya, kamu masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Kunci hidup dari diabetes adalah dengan mengendalikan jumlah gula darah.

Nah, bagaimana caranya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019)cara mengobati diabetes secara alami untuk mengontrol glukosa dalam darahnya.

Keberhasilan cara mengobati diabetes secara alami bergantung pada penderita diabetes. Jika, penderita diabetes memiliki pengetahuan yang cukup memadai, kemudian dapat mengubah sikapnya dalam melakukan pengobatan misalnya diet rendah gula dapat mendekatkan kadar gula darah dalam batas normal dan mencegah komplikasi sehingga dapat hidup lebih sehat dan berkualitas.

Sebelum mengetahui cara mengobati diabetes secara alami, alangkah lebih baiknya mengetahui jenis-jenis penyakit diabetes. Berikut jenis diabetes yang perlu kamu ketahui

Diabetes Melitus umumnya diklasifikasikan menjadi 4 kategori dengan penyebab yang berbeda-beda:

• Diabetes Melitus Tipe 1 disebut sebagai “Diabetes Melitus yang tergantung pada insulin”. Terkait dengan faktor genetik dan sistem kekebalan tubuh, yang mengakibatkan kerusakan sel-sel yang memproduksi insulin, sehingga sel tidak mampu untuk memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kelompok orang yang paling sering mengidap penyakit ini adalah anak-anak dan remaja, yang mewakili 3% dari jumlah seluruh pasien yang ada.

• Diabetes Melitus Tipe 2 disebut “Diabetes Melitus yang tidak tergantung pada insulin”, mewakili lebih dari 90% kasus diabetes melitus. Terkait dengan faktor pola makan yang tidak sehat, obesitas, dan kurangnya olahraga.

Sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan tidak bisa menyerap dan menggunakan dekstrosa dan kelebihan gula darah yang dihasilkan secara efektif. Jenis diabetes melitus ini memiliki predisposisi genetik yang lebih tinggi daripada Tipe 1.

• Diabetes Melitus Gestasional: Terutama disebabkan oleh perubahan hormone yang dihasilkan selama kehamilan dan biasanya berkurang atau menghilang setelah melahirkan.

Studi dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa wanita yang pernah mengalami diabetes melitus gestasional memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit diabetes melitus tipe II, sehingga wanita tersebut harus lebih memerhatikan pola makan yang sehat demi mengurangi risiko tersebut.

Jenis lain dari Diabetes Melitus: Ada beberapa penyebab lain yang berbeda dari ketiga jenis diabetes melitus di atas, termasuk sekresi insulin yang tidak memadai yang disebabkan oleh penyakit genetik tertentu.

Penyakit diabetes juga bisa disebabkan secara tidak langsung oleh penyakit lainnya (misalnya pankreatitis, yaitu peradangan pada pankreas), yang diakibatkan oleh obat atau bahan kimia lainnya.

Cara mengobati diabetes secara alami

Berikut adalah cara mengobati diabetes secara alami untuk memulai perjalanan kamu mengalahkan Diabetes. Selain melakukan langkag-langkah berikut ini, kamu sebaiknya juga selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum berhenti atau mengganti obat untuk mengambil strategi pengobatan baru.

1. Melakukan Diet Ketogenik

Cara mengobati diabetes secara alami dengan diet ketogenic. Diet ketogenik yaitu diet yang tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Sehingga tubuh akan membakar lemak dan menggunakan hasilnya, yakni badan keton, sebagai sumber energi.

Proses peralihan sumber energi dari glukosa menjadi badan keton, rata-rata terjadi dalam waktu 2–4 hari setelah mengonsumsi diet rendah karbohidrat. Pada jenis diet ini, asupan karbohidrat dibatasi hanya 30 gram per harinya.

2. Perbanyak zat gizi

Cara mengobati diabetes secara alami selain menjaga kadar gula darah, penderita diabetes perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, agar kebutuhan zat gizi penting terpenuhi setiap hari. Hal ini perlu dilakukan karena penderita diabetes lebih rentan mengalami kekurangan berbagai zat gizi penting dibandingkan orang sehat.

Berikut zat gizi yang harus dipenuhi

Vitamin E sayur, kacang-kacangan, paprika merah, alpukat, mangga dan kiwi.

Vitamin D3 bisa didapat dari makanan seperti susu, udang, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon), hati sapi, keju dan telur.

Vitamin C seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat bisa menjadi sumber vitamin C yang baik.

Vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.

Vitamin B7 yakni serealia utuh, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur, susu, yoghurt, dan daging ayam.

Mengobati Diabetes

3. Diet puasa/ intermittent fasting

Cara mengobati diabetes secara alami selanjutanya adalah dengan diet puasa atau intermittent fasting. Diet puasa terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan.

Misalnya kamu diperbolehkan makan dari jam 1 siang hingga jam 9 malam, kemudian dilanjutkan berpuasa hingga 16 jam ke depan.

4. Mengurangi Stress

Temukan cara untuk mengurangi aktivitas yang membuat stres dan menikmati ketenangan.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi strees adalah sebagai berikut:

– Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

– Mencari akar masalah yang kamu hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.

– Prioritaskan waktu bersama keluarga atau orang yang kamu sayangi.

5. Tidur Berkualitas

Cara mengobati diabetes secara alami lainnya adalah dengan tidur yang berkualitas tinggi. Tidur berkualitas tinggi yaitu tidur 8-9 jam setiap malam. Dengan tidur berkualitas mampu untuk mengurangi peradangan sel dan meningkatkan pensinyalan gula darah.

Untuk meningkatkan kualitas tidur kamu bisa mengganti lampu tidurmu dengan warna yang hangat seperti oranye,merah. Dan yang terpenting jauhkan alat elektronik dari tempat tidurmu

Nah di atas adalah cara mengobati diabetes secara alami yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

(lip6.c/O)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top