Pesan Menkes untuk Pemudik Kereta Api, Jaga Kesehatan dan Jangan Maksa

    0
    41
    Advertisement

    Jakarta, H-5 lebaran pemudik mulai memenuhi Stasiun Pasar Senen. Arus mudik dengan menggunakan kereta api mulai meningkat dan diperkirakan akan terus meningkat di hari berikutnya.

    Dalam kunjungannya ke pos-pos kesehatan di Stasiun Pasar Senen, Selasa (20/6/2017), Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), menyatakan bahwa pemerintah sudah berusaha keras untuk membantu masyarakat dengan memberikan fasilitas kesehatan kala mudik.

    Ia meminta kepada masyarakat untuk ikut serta membantu dengan cara menyadari kesehatannya masing-masing. “Jadi, jaga kesehatan sebelum berangkat,” ujarnya.

    Kesehatan selama perjalanan jauh pasti akan menurun karena kelelahan. Maka dari itu harus dipastikan bahwa badan dalam keadaan sehat sebelum berangkat.

    “Kalau pergi dalam keadaan sakit ya tunda dulu lah mau nggak mau, jangan maksa,” tambahnya.

    Nila pun menyarankan para pemudik kereta api untuk tidak datang berjam-jam sebelum waktu keberangkatan.

    “Dateng dari jam 05.00 subuh, padahal keretanya baru jam 12.00, nunggunya kelamaan jadi sakit di luar,” tutur Menkes Nila kepada media.

    Dengan sistem pembelian tiket secara online, seharusnya masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan tempat duduk. Ia menyarankan untuk datang 2 jam sebelum waktu keberangkatan.

    “Kereta api akan on time, seat-nya ada nomornya dan enggak akan enggak dapat tempat,” jelas Nila.

    Terakhir Menkes Nila juga menyarankan untuk membawa barang bawaan secukupnya saja, tidak melebihi kapasitas agar tidak menyusahkan pemudik lain. (det.c/na)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here