Lebaran Hari Ini, Begini Suasana Salat Id Masjid di Cipinang Muara

Jam : 04:44 | oleh -30 Dilihat

Jakarta, ToeNTAS.com ,- Masjid Al-Marzuqiyah di Cipiang Muara, Jakarta Timur menggelar salat Idul Fitri pada hari ini. Sejumlah jemaah berdatangan untuk menunaikan salat Id di lokasi.

Pantauan wartawan di lokasi, Senin (26/6/2017), di Jl Masjid Al-Marzuqiyah, Cipinang Muara, Jakarta Timur, lantunan Takbir, Tahlil dan Tahmid tanda akan dilaksanakannya Salat Id. Warga yang tinggal di sekitar masjid mulai berdatangan.

Bertindak sebagai imam salat yakni Lukmanul Hakim. Sementara, khatib diisi oleh Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.

Jemaah berdatangan menunaikan salat Id di Masjid Marzuqiyah, Jaktim
Jemaah berdatangan menunaikan salat Id di Masjid Marzuqiyah, Jaktim

Para jamaah khusyuk menjalankan salat Id yang dimulai pukul 07.00 WIB. Sama seperti salat Id pada umumnya, salat terdiri dari 2 rakaat dengan 7 kali takbir pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua.

Masjid Al-Marzuqiyah menggelar salat Id sehari setelah tanggal pemerintah menetapkan hari raya Idul Fitri, yaitu 25 Juni 2017. Diberitakan sebelumnya, sekretaris Masjid Al-Marzuqiyah Cholid Lutfi Tsani menjelaskan alasan pelaksanaan salat Id jatuh pada hari ini dikarenakan ketinggian bulan harus 7 derajat sehingga dapat dilihat kasatmata untuk penetapan hari raya Idul Fitri 1438 H.

“Yang jadi rujukan ketinggian bulan 7 derajat kalau yang bisa dilihat kasatmata. Tapi dari hukmiyyah syar’iyyah (badan yang membidangi hukum syariah) kan 4 derajat. Masih mustahil bisa terlihat,” kata Cholid saat ditemui di Jl Masjid Al-Marzuqiyah, Cipinang Muara, Jakarta Timur, Sabtu (24/6). (det.c/wid)