Taksi Online Bikin Jualan Mobil Merosot

Jam : 04:45 | oleh -21 Dilihat

Jakarta, ToeNTAS.com,- Mobil di masa depan tak lagi dirasa menjadi salah satu kebutuhan primer. Jika ingin bepergian dengan mobil saat ini bisa lebih mudah dengan fasilitas aplikasi taksi online.

Berbagai kemudahan itu rupanya diprediksi bakalan berpengaruh terhadap penjualan mobil. Bahkan dalam beberapa tahun ke depan penjualan mobil di seluruh dunia bakalan mengalami penurunan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh IHS Markit yang dilansir Carscoops, Kamis (16/11/2017), dalam dua dekade ke depan konsumen lebih memilih car hailing service seperti taksi online daripada membeli mobil.

Saat ini misalnya ada 80 juta kendaraan yang terjual di Amerika, Eropa, China, dan India diperkirakan jumlahnya akan menurun menjadi 54 juta unit selama 23 tahun ke depan.

Dalam studi itu juga ditemukan penjualan mobil listrik bakal menyumbang 19 persen, mobil plug-in hybrid 14 persen dari total penjualan mobil di dunia. Sementara 62 persen sisanya masih dikuasai oleh mobil bermesin konvensional.

“Sebuah paradoks di dunia otomotif, dimana orang-orang lebih memilih bepergian dengan menggunakan mobil. Tetapi tak banyak jumlah mobil yang dibutuhkan masing-masing individu itu,” kata Vice Chairman IHS Markit, Daniel Yergin.

Meski penjualan mobil diprediksi menurun, permintaan akan bahan bakar malah akan bertambah. Dari saat ini yang mencapai 98 juta barel per hari menjadi 115 juta barel per hari pada tahun 2040. (det.c/citra)