Karyawati Tertipu Kenalan di Facebook, Rp 50 Juta Raib

    0
    74
    Advertisement

    Jakarta, ToeNTAS.com,- Seorang perempuan bernama Grace (33) tertipu oleh kenalannya di jejaring sosial Facebook. Grace terpedaya pelaku yang meminjamnya uang Rp 50 juta untuk biaya pengobatan ibunya.

    “Kenal belum lama, kurang dari sebulan gitu terus dia telepon. Awalnya lewat messanger. Akunnya Indra Budi Wibowo,” kata Grace saat dihubungi wartawan, Selasa (29/5/2018).

    Setelah perkenalan di dunia maya itu, pelaku menceritakan bahwa dirinya sedang bersedih karena ibunya sedang sakit. Pelaku curhat kepada Grace soal kondisi kesehatan ibunya yang sedang terbaring di rumah sakit.

    “Dia sampai ngirim foto ibunya juga, kelihatan banyak selang di muka gitu. Nah lihat itu saya kasihan, terus dia bilang tolong saya, pasti nanti saya bayar,” sambungnya.

    Kepada Grace, pelaku memperkenalkan diri sebagai pelaut. Dengan berbagai drama, pelaku mengatakan bahwa gajinya belum keluar sehingga dia terdesak untuk segera membayar biaya pengobatan rumah sakit ibunya.

    “Dia bilang kalau nanti sudah gajian, dia bayar. Dia bilang akan bayar administrasi rumah sakit supaya ibunya dapat pengobatan,” katanya.

    Grace mengaku selama perkenalan itu tidak ada hubungan asmara dengan pelaku. Grace mengaku memberikan uang kepada pelaku karena merasa iba.

    “Transfer pertama itu tanggal 9 (Mei 2018) kemarin, Rp 10 juta,” ucapnya.

    Ternyata tidak cukup di situ, pelaku mengaku membutuhkan uang lagi sehingga wanita asal Cipete, Jaksel ini kembali mengirim uang ke rekeing pelaku. Selama beberapa kali transfer, total uang yang dikirim Grace mencapai Rp 50 juta.

    Hingga akhirnya, Grace menagih uangnya kembali ke pelaku. Namun pelaku selalu mengulur-ulur waktu, hingga akhirnya Grace melaporkannya ke polisi.

    “Orangnya sudah nggak bisa dikontak lagi. Saya sudah laporan kemarin tanggal 28 Mei di Polres Jaksel,” tandasnya. (det.c/audy)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here