Jadwal Pengumuman & Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Usai Pendaftaran CPNS 2018 sscn.bkn.go.id

    0
    49
    Advertisement

    Jakarta, ToeNTAS.com,- Setelah melaksanakan Pendaftaran CPNS 2018  di link sscn.bkn.go.id , pelamar menunggu pengumuman nama peserta yang lolos seleksi administrasi CPNS 2018.

    Dimana pelamar bisa mengecek nama yang lolos seleksi administrasi CPNS 2018 setelah melakukan Pendaftaran CPNS 2018 di link sscn.bkn.go.id?

    Nah, jadwal dan cara cek pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi Pendaftaran CPNS 2018 juga di link sscn.bkn.go.id. Namun, ada juga di link lain.

    Sesuai urutan ditentukan panselnas, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 akan disampaikan pada 21 Oktober 2018.

    Dikutip Tribunjogja.com dari laman menpan.go.id, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 tersebut memuat nama peserta lolos administrasi.

    Peserta bisa memantau atau mengecek informasi pengumuman hasil seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id atau diumumkan melalui website resmi instansi yang bersangkutan.

    Tahapan selanjutnya, peserta lolos seleksi administrasi melakukan cetak nomor ujian cpns 2018 secara online pada 21-25 Oktober 2018.

    Meski dijadwalkan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 21 Oktober 2018, jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi setiap instansi tampaknya berbeda-beda.

    Pelamar harus memeriksa lagi pengumuman penerimaan CPNS pada instansi yang dituju dan membuka laman resmi instansi yang bersangkutan, jika ada perubahan pengumuman sewaktu-waktu.

    Terkait pengumuman hasil seleksi administrasi, beberapa instansi telah menjelaskan kapan waktunya.

    Kementerian Perhubungan dan Komisi Pemilihan Umum misalnya, akan mengeluarkan pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS pada 21 Oktober 2018.

    Kejaksaan Agung juga akan mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS pada 21 Oktober 2018, setelah peserta melakukan verifikasi berkas asli, pengukuran tinggi badan dan berat badan pada 8-16 Oktober 2018.

    Sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kemenkumham dilakukan pada 19 Oktober 2018.

    Untuk jadwal pengumuman lembaga lain dapat dibuka di laman resmi instansi yang bersangkutan.

    Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS akan dilakukan di portal sscn.bkn.go.id atau diumumkan oleh instansi yang bersangkutan di website resminya.

    cpns2018.id
    instagram.com/cpns2018.id

    Lokasi tes CPNS 2018

    Adapun Panselnas CPNS 2018 telah menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

    Selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer
    (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah itu, 237 titik
    diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud.

    “Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS Tahun 2018,” ujarnya di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

    Lokasi tes CPNS yang dikoordinir BKN antara lain Kantor BKN Pusat, sejumlah Kantor Regional BKN, UPT BKN, lokasi milik Kementerian/Lembaga yang tersebar di berbagai
    daerah.

    Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan pembukaan bagi CPNS Tahun 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

    Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal tes CPNS 2018.

    Soal sebanyak itu terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

    TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

    NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa
    Indonesia secara baik dan benar.

    Sedangkan TIU untuk menilai intelegensia peserta seleksi.

    Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.

    Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

    Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

    Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

    Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

    Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

    Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas.

    Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

    Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here