LSI: PDI-P dan Gerindra Paling Menikmati Efek Elektoral dari Jokowi dan Prabowo

Jam : 00:11 | oleh -175 Dilihat

JAKARTA, ToeNTAS.com,- Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra, paling menikmati efek elektoral dari dua calon presiden yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Hal itu tergambar dari elektabilitas partai peserta Pemilu 2019 berdasarkan survei pada 4-14 Oktober 2018 di 10 provinsi besar. Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, PDI-Perjuangan dan Partai Gerindra diasosiasikan dengan dua sosok capres itu, meskipun ada partai-partai lain yang berada dalam barisan pengusungnya.

“PDI-P dan Gerindra adalah dua partai yang paling banyak menikmati efek elektoral dari capres mereka masing-masing,” ujar Adjie, di Graha Dua Rajawali, Jalan Pemuda, Jumat (2/11/2018).  Survei LSI dilakukan di 10 provinsi besar yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

Berdasarkan survei itu PDI Perjuangan unggul di 5 provinsi, sementara Gerindra unggul di 3 provinsi. Adjie menyebutkan, bahkan Gerindra berpotensi menggeser Golkar yang pada Pemilu 2014 menduduki peringkat kedua.

Ia mengatakan, sosok Prabowo dinilai berpotensi mendongkrak elektabilitas Gerindra pada Pemilu 2019. “Terlihat Prabowo berhasil mengangkat Gerindra menjadi partai yang berpotensi menjadi juara dua dalam Pileg 2019, sebuah pencapaian paling tinggi dalam sejarah Gerindra,” ujar Adjie.

Meski ikut mengusung Jokowi, Golkar diprediksi tak mendapatkan keuntungan elektoral yang signifikan. Golkar masih sulit bersaing dengan PDI-P untuk mendapatkan efek elektoral Jokowi. Adapun, survei ini dilakukan medio 4-14 Oktober 2018 di 10 provinsi dengan jumlah penduduk paling besar.

Jumlah responden di setiap provinsi adalah 600 orang sehingga total seluruhnya 6.000 responden. Margin of error dalam survei ini di setiap provinsi adalah 4,1 persen. Pembiayaan survei ini disebut dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Peta elektabilitas di 10 provinsi Survei di 10 provinsi besar yang dilakukan LSI Denny JA ini untuk menyimpulkan kekuatan partai secara nasional. Hasil survei menunjukkan, PDI Perjuangan unggul di 5 provinsi, Gerindra unggul di 3 provinsi, sementara Golkar dan PKB unggul masing-masing di 1 provinsi.

Berikut gambaran elektabilitas partai yang unggul di 10 provinsi tersebut:

1. PDI-Perjuangan Jawa Tengah: 46 persen Lampung: 34 persen Sumatera Utara: 28 persen Sumatera Selatan: 26,5 persen DKI Jakarta: 23,1 persen

2. Partai Gerindra Jawa Barat: 20,2 persen Riau: 22,2 persen Banten: 26,3 persen

3. Partai Golkar Sulawesi Selatan: 23,5 persen 4. Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur : 21,7 persen

(k.c/Kris/Dul)