Muhammad Fitriawan: Koperasi Harus Berdaya Guna Bagi Anggotanya

    0
    126
    Advertisement

    DEPOK, -ToeNTAS.com,- Koperasi merupakan usaha bersama yang terus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan agar berdaya guna bagi para anggotanya. Begitu pun, loyalitas anggota terhadap Koperasi harus terus ditingkatkan.

    Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) kota Depok, Mohammad Fitriawan dalam pemaparannya pada acara Ngopi Bareng Sekber Wartawan Kota Depok, di Kantor Sekber Jumat (19/7).

    Acara yang rutin digelar setiap Jumat itu, dihadiri pula oleh  Sekretaris DKUM Adnan Mahyudin, Kabid Yana, Ketua Dekopinda kota Depok Teguh Prajitno, beserta jajaran pengurus lainnya, serta pengurus Koperasi LMP, pengurus Koperasi SWS juga sejumlah wartawan.

    Fitriawan menjelaskan perlunya dibangun kesadaran dan loyalitas anggota koperasi untuk bersama-sama mengembangkan usaha didalam koperasinya.

    “Ada Koperasi buka toko Mart, tetapi anggotanya tidak belanja di toko itu. Harusnya anggotanya belanja di toko milik usaha koperasi itu.” ujar Fitriawan mencontohkan.

    Kepala DKUM yang bersahaja itu juga mengatakan bahwa jumlah koperasi di kota Depok saat ini ada sekitaran 416 koperasi. Namun dari jumlah itu, dalam dua tahun terakhir yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) baru sekitar 20 persennya.

    “Benar, seperti yang dikatakan tadi oleh Ketua Presidium Sekber, Herry Budiman. Pada 2017 yang menyerahkan RAT hanya 84 koperasi, di 2018 baru 86 Koperasi. Namun kami akan terus mendorong agar para pengurus koperasi itu melaksanakan dan melaporkan RAT kepada kami” tuturnya.

    Koperasi yang belum menyerahkan RAT, lanjut Fitriawan, biasanya alasannya sulit mengumpulkan semua anggota, dimana para anggota memiliki latar belakang berbeda. Tidak melaksanakan RAT bukan berarti tidak aktif, karena mereka masih operasional.

    “Kami terus melakukan evaluasi dan awasi, apabila tiga kali tidak melaporkan RAT akan diusulkan ke KemenKopUMKM RI untuk dibubarkan” tegasnya.

    Diselah-selah acara Ngopi Bareng Sekber yang dipandu Putra Gara itu, Fitriawan berkesempatan menyerahkan berkas perijinan Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera kepada Ketuanya, Agus Prabowo disaksikan Ketua Dewan Pengawas, Herry Budiman.

    Usai sesi tanya jawab, acara Ngopi Bareng Sekber ditutup dengan pembacaan kesimpulan dan harapan dalam bentuk puisi oleh Putra Gara. (G/Nge)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here