Terpilih Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri: Ini Takdir, Saya Harus Terima

    0
    7

    ToeNTAS.com,- Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua KPK oleh DPR. Firli mengaku siap mengemban tugas itu.

    “Tentu ini kehendak Allah, Allah pasti akan memberi amanah, kekuasaan, jabatan kepada yang dikehendaki Allah. Ini adalah takdir, saya harus menerima, tidak bisa tidak menerima,” kata Firli saat ditemui di ruang VIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/9/2019)

    Firli mengaku telah menetapkan hati di lembaga antirasuah itu. Dia mengaku siap untuk melaksanakan tugas pemberantasan korupsi di Indonesia.

    “Ini punya tanggung jawab dunia akhirat, tentu saya menetapkan hati saya bahwa saya akan gunakan, kerahkan ini semua, pikiran dan tenaga untuk pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujarnya.

    Firli mengatakan, dia mengikuti proses seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023 sejak 4 Juli lalu. Kemarin, dia mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR.

    “Hasilnya saya terpilih. Dari 56 anggota Komisi III DPR, 56 saya dapat suara. Ini merupakan tantangan bagi kita semua, bagaimana mengemban amanat rakyat karena Komisi III DPR juga penjelmaan dari seluruh rakyat indonesia,” tuturnya.

    Sebelumnya, Komisi III telah memilih lima pimpinan KPK periode 2019-2023. Lima pimpinan KPK terpilih yakni Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Lili Pintauli Siregar.

    DPR akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan lima pimpinan KPK hasil fit and proper test itu. Paripurna rencananya digelar pekan depan.

    “Tanggal 16 (September) itu memang ada beberapa keperluan paripurna, jadi sudah dijadwalkan. Jadi ya mudah-mudahan kalau tidak ada halangan hari Senin (16 September) paripurna DPR akan mengesahkan pimpinan KPK yang terpilih 5 orang,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9). (det.c/K)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here