Benarkah Corona Covid-19 Menular Lewat Makanan?

Jam : 07:13 | oleh -211 Dilihat
ilustrasi virus corona
ilustrasi virus corona

Jakarta, ToeNTAS.com,- Tidak jarang muncul pertanyaan, bernarkah virus corona Covid-19 menular melalui makanan. Untungnya, para ahli mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk khawatir mengenal hal tersebut hingga saat ini. Tidak ada bukti Covid-19 ditularkan melalui semua jenis makanan.

“Kami tidak benar-benar memiliki bukti bahwa makanan atau kemasan makanan adalah sumber sakit dari COVID-19,” kata Benjamin Chapman, seorang profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, seperti dilansir dari Medical Daily.

Namun, dia juga menekankan bahwa saat ini masih banyak yang tidak diketahui tentang virus corona Covid-19 ini. Sejauh ini, data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus ini ditularkan dari manusia ke manusia melalui batuk, bersin, dan kontak fisik dengan seseorang yang sudah memiliki virus corona Covid-19.

Meski ada penelitian yang mengeksplorasi gagasan bahwa virus corona Covid-19 dapat ditularkan dari menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut, itu bukan mode utama penularan.

Bagaimanapun, mencuci tangan dengan sabun dan air setelah pergi ke luar masih sangat dianjurkan. Penularan virus Corona Covid-19 melalui makanan, sambung peneliti, juga tidak mungkin. Hal itu karena langkah-langkah keamanan pangan yang kita miliki sudah ada untuk mencegah kejadian seperti itu, bahkan saat di awal.