Tabungan Nasabah Raib Rp 20 M, Maybank Punyanya Siapa?

0
254
foto Maybank
foto Maybank
Advertisement

Jakarta, ToeNTAS.com,- Kabar tak sedap datang dari manajemen Maybank. Salah satu kepala cabangnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri dalam kasus raibnya tabungan atlet eSport Winda Lunardi dan ibunya, Floeta. Total jumlah tabungan yang raib mencapai Rp 20 miliar lebih.

Dilansir dari detik.com, Kejadian ini tentu mencoreng nama perusahaan. Sebetulnya bagaimana kiprah Maybank di Indonesia dan sudah sejak kapan beroperasi di Tanah Air?

Mengutip laman resmi Maybank, Jumat (6/11/2020) Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional dari Grup Maybank. Perusahaan ini menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi.

Maybank merupakan bagian dari grup Malayan Banking Berhad, salah satu grup penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN. Maybank Indonesia awalnya bernama PT Bank Internasional Indonesia (BII), perusahaan ini didirikan pada 15 Mei 1959.

Perbankan ini pertama kali mendapat izin sebagai bank devisa pada tahun 1988 dan mencatatkan sahamnya sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia Jakarta dan Surabaya pada tahun 1989. Sekarang kedua bursa saham itu sudah bergabung menjadi Bursa Saham Indonesia (BEI).

Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services alias perbankan ritel dan perbankan non-ritel dan Perbankan global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat.

Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas digital banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank2U atau mobile banking berbasis internet banking dan berbagai saluran lainnya.

Per 31 Desember 2019, Maybank Indonesia memiliki 374 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri yaitu di Mumbai, India, 21 Mobil Kas Keliling dan 1.571 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir tahun 2019, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp 110,6 triliun dan memiliki total aset senilai Rp 169,1 triliun. (indah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here