TPU Srengseng Sawah 2 Siapkan 1.020 Liang Lahat Jenazah Covid

0
206
TPU Srengseng Sawah 2 menyediakan 1.020 liang lahat untuk jenazah covid-19.
TPU Srengseng Sawah 2 menyediakan 1.020 liang lahat untuk jenazah covid-19.
Advertisement

ToeNTAS.com,- Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Ivan Murcahyo menyebut Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan saat ini mulai menerima jenazah yang akan dimakamkan dengan protokol covid-19.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Igan menyebut, pemakaman di TPU ini menyediakan kurang lebih 1.020 petak makam untuk jenazah covid-19.

“Kalau di Srengseng Sawah 2 kemarin baru buka kapasitasnya ada 1.020 petak. Kemarin baru terpakai 10-20 petak,” kata Ivan saat dihubungi, Senin (1/2).

Ivan menyebut, TPU Srengseng Sawah 2 juga tak hanya menampung pengiriman jenazah dari satu wilayah. Jenazah yang berasal dari beberapa wilayah Jakarta, misalnya dari Selatan, sebagian wilayah Timur, hingga Pusat bisa ditampung di pemakaman ini.

“Utara dan Timur kita kirim ke Bambu Wulung, jadi dua titik ini cukup bisa mengakomodasi supaya tidak terlalu jauh transfer jenazah dari masing-masing wilayah kota,” kata dia.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur Muhaemin menyebut pihaknya melakukan sejumlah strategi terkait pengadaan lahan makam.

Hal ini dilakukan demi menghemat lahan makam yang sudah tersedia, sebab setiap hari jumlah jenazah yang mesti dimakamkan juga terus bertambah.

“Biasanya, per petak makam 2,5 x 1,5 meter persegi, kini diringkas menjadi 1,2 x 2,2 meter persegi per lubang atau petak makam,” kata Muhaemin.

Kondisi lahan khusus pemakaman pasien Covid-19 yang kian menipis ini, membuat Pemprov DKI mengizinkan jenazah pasien Covid-19 dikubur di luar TPU khusus.

Pemprov sebelumnya menetapkan TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur menjadi lokasi pemakaman yang khusus digunakan untuk menguburkan jenazah pasien Covid-19.

Dalam menangani krisis lahan pemakaman ini, pihak TPU Pondok Ranggon maupun TPU Tegal Alur juga menerapkan makam tumpang. Namun, mekanisme tersebut harus mendapat izin pihak keluarga. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here