51 Napi Tipikor Sukamiskin Positif COVID-19, Tertular Darimana?

Jam : 13:59 | oleh -101 Dilihat
Swab test di Lapas Sukamiskin
Swab test di Lapas Sukamiskin

Bandung, ToeNTAS.com,- 51 narapidana di Lapas Sukamiskin positif COVID-19. Lalu bagaimana mereka bisa terpapar Corona?

Dilansir dari detik.com, Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar menjelaskan selama pandemi COVID-19 ini, Lapas Sukamiskin meniadakan kunjungan. Begitupun napi yang keluar lapas tak diizinkan kecuali untuk mengikuti agenda sidang atau pemeriksaan.

“Tidak, tidak ada (yang keluar Lapas) dan kondisi yang bersangkutan merasa baik-baik saja, karena OTG, bahkan menanyakan kenapa positif, tapi hasil lab nya seperti itu,” ujar Asep di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (8/2/2021).

Asep belum mengetahui dari mana mereka tertular. Menurut Asep, tracing untuk mengetahui sumber penularan tidak mudah.

“Kami tidak mengatakan dari mana, karena tracing itu tidak mudah, karena sebenarnya kan tahanan baru kami stop, kunjungan juga stop, kami sudah melakukan protokol kesehatan, kami tidak bisa menyampaikan darimana-darimananya, harus tracing akurat,” ujar Asep.

Disinggung terkait kemungkinan dari napi yang baru masuk, Asep juga tak bisa memastikan. Menurut Asep, bagi napi baru yang masuk setelah keputusan hukumnya inkrah, perlu menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Kalau untuk narapidana yang sudah dikirim itu disertakan swab laboratorium, di sini pun di swab antigen untuk antisipasi dan isolasi mandiri dulu,” kata dia.

Puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dinyatakan positif COVID-19. Mereka diketahui positif usai dilakukan tes swab beberapa waktu lalu.

Tes swab sendiri dilakukan pada Kamis (4/2) lalu. Saat itu, ada ratusan napi Tipikor, umum dan juga pegawai yang menjalani tes swab di Lapas khusus Korupsi itu. (Mega)