Bandung Lockdown 14 Hari, Jalanan Ditutup usai Jawa Barat Duduki Posisi Pertama Kasus Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Jam : 08:27 | oleh -107 Dilihat
jalanan Bandung ditutup
jalanan Bandung ditutup

ToeNTAS.com,- Provinsi Jawa Barat kini menduduki posisi pertama kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia.

Dilansir dari health.grid.id, Hingga Kamis (17/6/2021) pagi, jumlah kasus Covid-19 di Jawa Barat melonjak menjadi 330.336 kasus.

Melihat tingginya kasus Covid-19 tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merasa jika varian baru Covid-19 atau varian Delta sudah masuk di wilayahnya.

Tak hanya Jawa Barat, Bandung Raya kini menjadi wilayah Siaga 1.

Akibat hal tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial menerapkan lockdown selama 14 hari dengan cara penutupan jalan.

Melansir dari Kompas.com, sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, Jawa Barat, akan kembali ditutup selama 14 hari terhitung mulai Kamis (17/6/2021).

Menurut Kepala Polrestabes Bandung Ulung Sampurnajaya, kebijakan penutupan jalan sebelumnya hanya diberlakukan pada ruas jalan yang berada di ring 1 dan ring 2, tetapi kini penutupan sejumlah ruas jalan diperluas hingga ring 3.

Untuk diketahui, ring 1 meliputi Jalan Otto Iskandardinata, Alun-alun Timur, Asia Afrika,  Tamblong, Naripan, Braga, Banceuy, Lembong, Purnawarman, Merdeka, Ir. H. Djuanda dari Cikapayang sampai ke Simpang Dago, dan Jalan Dipatiukur.

Sementara, ring 2 adalah ruas jalan di sepanjang Jalan Lingkar Selatan yang mengarah ke pusat kota.

Tepatnya mulai dari Jalan Pasirkoja sampai ke persimpangan Jalan Ahmad Yani serta L.L.R.E. Martadinata.

Kemudian, ring 3 meliputi lokasi perbatasan Kota Bandung dengan wilayah sekitarnya, seperti Terminal Ledeng, Cibeureum, dan Bunderan Cibiru, termasuk juga sejumlah pintu keluar tol, seperti pintu keluar Tol Pasirkoja, Kopo, Moh Toha, Buahbatu, dan pintu keluar Tol Pasteur.

Penutupan dalam rangka pengetatan aktivitas masyarakat untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Bandung ini akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Tidak hanya dari petang hingga ke pagi hari, penutupan ruas jalan di siang hari juga akan diberlakukan di ring 1 dan ring 2 pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. (Wina)