Respons Ganjar soal Namanya Kembali Teratas di Elektabilitas Capres

Jam : 07:30 | oleh -363 Dilihat
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

Semarang, ToeNTAS.com,- Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali di urutan tertinggi dalam survei Capres. Kali ini survei Charta Politika menyebutkan Ganjar ada paling atas jika Pilpres diadakan sekarang.

Meski beberapa kali ada di urutan atas, saat ditanya soal hasil survei, Ganjar selalu enggan menjawab. Ia justru selalu menekankan pada upaya penanganan pandemi COVID-19.

“Jadi hari ini yang paling penting adalah menangani COVID,” kata Ganjar singkat saat ditanya soal hasil survei Charta Politika, Kamis (12/8/2021).

Untuk diketahui survei yang dilakukan Charta Politika dilakukan tatap muka dengan metode multistage random sampling pada periode 12-20 Juli 2021. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.200 dari seluruh wilayah Indonesia, dengan margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden dipilih secara acak dengan kriteria minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Unit sampling primer survei ini adalah desa/kelurahan, dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 120 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia.

Survei elektabilitas ini dilakukan dengan menyodorkan 10 nama tokoh kepada responden. Kemudian responden ditanya, ‘jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?’

Berikut hasilnya:

Ganjar Pranowo: 20,6 persen
Anies Baswedan: 17,8 persen
Prabowo Subianto: 17,5 persen
Sandiaga Uno: 7,7 persen
Ridwan Kamil: 7,2 persen
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 4,2 persen
Tri Rismaharini (Risma): 3,6 persen
Erick Thohir: 1,8 persen
Puan Maharani: 1,4 persen
Airlangga Hartarto: 1 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 17,2 persen (Aji/det.c)