Seperti Dendam Sabet Golden Leopard di Festival Film Locarno

Jam : 07:16 | oleh -283 Dilihat
Cuplikan adegan film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Film itu menyabet penghargaan Golden Leopard kategori kompetisi internasional (Concorso Internazionale) dalam Festival Film Internasional Locarno 2021.

ToeNTAS.com,- Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas meraih penghargaan Golden Leopard kategori kompetisi internasional (Concorso Internazionale) dalam Festival Film Internasional Locarno 2021.
Menurut keterangan pers yang diterima wartawan, Sabtu (14/8), penghargaan ini membawa kebanggaan karena Edwin sang sutradara merupakan orang Indonesia pertama yang memenangkan anugerah Golden Leopard.

Selain itu dalam lima tahun terakhir, baru kali ini film panjang Indonesia memenangkan hadiah utama di festival bergengsi Eropa.

“Penghargaan Golden Leopard ini semacam vaksin, booster, atau vitamin yang diharapkan mampu menguatkan kembali film Indonesia dan segenap jiwa raga pecinta film Indonesia di manapun mereka berada,” kata Edwin dalam keterangan pers.

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas bersaing dengan film terbaru Ethan Hawke, Zeros and Ones, dan sejumlah film dari belahan dunia lainnya.

Film yang diadaptasi dari novel Eka Kurniawan ini dibintangi oleh Marthino Lio (berperan sebagai Ajo Kawir), Ladya Cheryl (Iteung), Reza Rahadian (Budi Baik), Ratu Felisha (Jelita) dan Sal Priadi (Tokek).

Film ini mengisahkan tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati. Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia yakni dia impoten.

Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur hingga jungkir balik, tetapi dia jatuh cinta.

Festival Film Locarno merupakan ajang tahunan yang digelar setiap Agustus di Locarno, Swiss. Tahun ini adalah edisi ke 74 sejak pertama digelar pada 1946, menjadikannya salah satu festival film tertua di dunia.

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas akan berpartisipasi di program Contemporary World Cinema, Toronto International Film Festival 2021. Di industri film Amerika Serikat, festival ini dianggap sebagai salah satu tolak ukur sebuah film untuk mendapatkan Oscar.

Tahun ini festival film bergengsi itu akan berlangsung pada 9 sampai 18 September 2021.

(Sari/cnni.c)