Mencekam, Lima Mobil Hancur Imbas Bentrok GMBI dan Pemuda Pancasila di Gombong

Jam : 06:27 | oleh -112 Dilihat
Daihatsu Sigra milik GMBI yang digulingkan massa Pemuda Pancasila
Daihatsu Sigra milik GMBI yang digulingkan massa Pemuda Pancasila

ToeNTAS.com,- Suasana di lokasi bentorakan antara LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan Pemuda Pancasila mencekam.

Lima mobil milik GMBI hancur lebur dirusak anggota Pemuda Pancasila, tepatnya di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, (23/8/21).

Beberapa mobil yang tampak dalam video yang beredar mulai Honda Jazz GD3, Timor, Daihatsu Ayla, Mitsubishi Strada Triton dan diduga Daihatsu Sigra.

Seluruh kaca kelima mobil pecah dan bodi ringsek dipukuli secara brutal.

Bahkan, satu mobil diduga Daihatsu Sigra digulingkan oleh massa.

Selain kelima mobil, kantor sektretariat GMBI juga porak-poranda diacak-acak massa.

Dua anggota GMBI mengalami luka hingga dilarikan ke rumah sakit. Situasi lokasi dan jalan raya sempat mencekam karena dua kubu saling bersitegang.

Polres Kebumen sampai mengerahkan puluhan anggota untuk mengamankan situasi pasca bentrokan. Aksi yang mengarah ke dugaan tindak pidana itu berhasil diredam.

Polisi mengamankan 75 oknum anggota Pemuda Pancasila dari lokasi.

Dari hasil pemeriksaan saksi dan bukti-bukti di lapangan, Polres akhirnya menetapkan 16 tersangka yang kini telah ditahan.

“Kami tetapkan 16 tersangka sesuai bukti-bukti dan gelar perkara,” kata Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama, (24/8/21)

Lebih lanjut, Piter mengatakan, para tersangka dikenakan Pasal 170 KUHP Jo Pasal 406 KUHP tentang tidak pidana pengrusakan.

Mengenai kronologi bentrokan, menurut Piter dipicu pada peristiwa perkelahian beberapa minggu yang lalu antara anggota ormas Pemuda Pancasila dengan salah seorang oknum LSM hingga terjadi pemukulan.

kemudian ormas GMBI menawarkan bantuan hukum terhadap oknum LSM tersebut sehingga terjadilah perselisihan diantara kedua ormas tersebut.

Untuk meredam keributan berlanjut, selain mengamankan anggota ormas Pemuda Pancasial yang berada di TKP, Polres Kebumen dibantu pengamanan oleh Mapolda Jateng dengan menurunkan personel brimob. (Eno/otom.g.c)