Satgas Ungkap KIPI Vaksin COVID Anak 6-11 Tahun, Sarankan Ini Jika Mengalami

Jam : 06:29 | oleh -264 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,-  Sebagaimana pada orang dewasa, anak usia 6-11 tahun yang mendapat vaksin COVID-19 juga bisa mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Satgas penanganan COVID-19 menyarankan untuk tidak panik.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (15/11/2021). Menurutnya ada sederet KIPI yang mungkin dialami anak usai vaksinasi.

KIPI Vaksin COVID-19 pada anak:
Nyeri di lengan bekas suntikan
Sakit kepala
Nyeri otot dan sendi
Menggigil
Mual-muntah
Lelah
Demam
Gejala mirip flu

Jika salah satu gejala tersebut muncul, maka disarankan untuk tidak panik. Umumnya gejala tersebut akan reda dengan sendirinya.

“Orang tua bisa melakukan upaya penanganan dini dengan membuat anak beristirahat yang cukup dan minum obat penurun panas jika diperlukan, serta konsumsi air putih yang cukup,” saran Prof Wiku.

Apabila merasakan nyeri di titik bekas suntikan, maka disarankan untuk tetap digerakkan. Jika perlu, kompres dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin.

“Setelah melakukan penanganan dini, orang tua agar melaporkan temuan KIPI yang dialami anak ke Puskesmas atau titik sentra vaksinasi sebagai bahan evaluasi pelaksanaan vaksinasi ke depannya serta penanganan lebih lanjut,” pesan Prof Wiku. (d.c/Bayu)