Hari Raya Nyepi 2022 Dirasa Istimewa, Ini Sebabnya

Jam : 09:22 | oleh -240 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Hari Raya Nyepi 2022 dirayakan umat Hindu di Indonesia hari ini. Banyak pesan damai dan rasa bahagia karena upacara bisa digelar kembali setelah 2 tahun pandemi.

Dipantau wartawan, Kamis (3/3/2022) Nyepi menjadi trending topic di Twitter dengan 24.500 tweet. Lalu ada lagi Tahun Baru Saka 1944 dengan 2.145 tweet dan Hindu dengan 67.100 tweet.

Tahun ini, Nyepi dirasakan sangat spesial bagi umat Hindu, karena bisa menggelar pawai ogoh-ogoh, setelah ditiadakan di beberapa tempat dalam 2 tahun terakhir karena pandemi Corona. Banyak upacara-upacara menjelang Nyepi yang kali ini bisa digelar kembali, meskipun dengan pembatasan jumlah orang.

Mulai dari Upacara Melasti, Upacara Mecaru, Pawai Ogoh-ogoh sampai Tawur Agung Kesanga, momen-momen ini jadi bahan postingan umat Hindu di Twitter sehari sebelumnya. Tentunya hari ini semuanya lepas dari gadget untuk menyambut Nyepi.

Meski begitu, momen-momen ritual jelang Nyepi dan pesan-kesan dari netizen tetap meramaikan lini masa sampai hari ini. Inilah beberapa komentar netizen di Twitter, termasuk dari para wisatawan dan expatriat di Bali:

Pesan Toleransi Perayaan Nyepi di Bromo, Warga Lintas Agama Bikin Ogoh-ogoh
“Setelah 2 tahun pandemi, akhirnya malam ini ogoh-ogoh kembali dipertontonkan di desa Tojan, Klungkung, Bali menjelang Nyepi besok,” kata @manggal***.

“Us, balinese to FINALLY have this moment again after like 2 years, was the best feeling ever you guys have no idea. Selamat Hari Raya Nyepi ❤️ #Nyepi2022,” kata @desperate***.

“It’s a beautiful, peaceful day & my favorite Bali celebration. selamat hari nyepi 💛,” kata @riklee***.

“Rahajeng nyanggra rahina Nyepi Caka 1944. Happy Balinese Day of Silence 2022. wishing you all joy and peace in the years ahead🙏,” kata @chizi***.

“It’s Nyepi, the day of silence in Bali. 24 hrs, no Internet. Peace and quiet for us, here in the hills. See you on Thursday!” kata @rexsum***.

“Kepada saudara/i-ku yg merayakannya… 🙏🙏🙏. Selamat Hari Nyepi. Tahun Baru Saka 1444. Semoga tuhan Yang Maha Kuasa Memberikan kesejahteraan, keselamatan dan kedamaian…..,” kata @abinya***.

“Selamat merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 bagi saudara sebangsa yang merayakan. Dumogi santhi semeton sami ring dija ja magenah!” kata @jhawand***