Apdesi Surtawijaya Takkan Deklarasi ‘Jokowi 3 Periode’ Usai Lebaran

Jam : 21:55 | oleh -185 Dilihat
Ilustrasi. Massa Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) saat berkumpul di Jakarta beberapa waktu lalu.
Ilustrasi. Massa Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) saat berkumpul di Jakarta beberapa waktu lalu.

ToeNTAS.com,- Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) kubu Ketua Umum Surtawijaya mengklaim pihaknya tak berencana menggelar deklarasi ‘Jokowi 3 Periode’ usai lebaran atau hari raya Idulfitri tahun ini.

Hal itu disampaikan Surtawijaya merespons kelanjutan rencana deklarasi para kepala desa usai lebaran ketika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan para menteri berhenti bicara perpanjangan masa jabatan dan penundaan pemilu.

“Di Apdesi pusat sampai saat ini tidak ada lah. Apdesi pusat tidak ada rencana deklarasi [Jokowi 3 periode] habis lebaran,” kilah Surtawijaya kepada wartawan, Kamis (7/4).

Surtawijaya turut berkilah Apdesi tak pernah berbicara soal perpanjangan masa jabatan presiden saat gelaran Silatnas Apdesi pada 29 Maret lalu. Ia berdalih dukungan perpanjang jabatan presiden tiga periode dilontarkan oleh pribadi-pribadi kepala desa yang mendukung wacana tersebut.

“Itu hanya letupan-letupan pribadi orang di Silatnas setelah acara selesai. Jadi enggak ada begini beginian [deklarasi dukung 3 periode]. Enggak ada cerita begitu,” kata dia.

Meski demikian, Surtawijaya belum bisa memastikan apakah pengurus Apdesi di daerah-daerah akan menggelar deklarasi Jokowi 3 Periode usai lebaran atau tidak. Ia hanya menyatakan Apdesi pusat kini tengah fokus untuk mengurus pelbagai masalah yang ada di desa.

“Pusat Enggak ada cerita-cerita begitu. Cuma untuk daerah kita enggak tahu abis lebaran nanti. Cuma untuk pusat enggak kayak gitu,” kata dia.

Pernyataan Surtawijaya kali ini berbeda ketika dirinya bicara di hadapan para pewarta usai Silatnas Apdesi di Istora Senayan Jakarta pada 29 Maret lalu.

Kala itu, Ia berencana mendeklarasikan dukungan untuk Presiden Joko Widodo 3 periode setelah Idulfitri.

Surtawijaya bahkan mengatakan deklarasi akan dilakukan per daerah dari Sabang hingga Merauke. Gerakan deklarasi itu akan dimulai dengan pemasangan spanduk dukungan Jokowi 3 periode. (cnni.c/Rasya)