Menanti Kesaksian Suami di Balik Aksi Istri Bunuh Dini Nurdiani

Jam : 09:54 | oleh -196 Dilihat
Foto: Pelaku pembunuhan Dini Nurdiani (26) adalah seorang perempuan, ini tampangnya
Foto: Pelaku pembunuhan Dini Nurdiani (26) adalah seorang perempuan, ini tampangnya

Jakarta, ToeNTAS.com,- Kesaksian suami Neneng Umaya (24) yang berinisial ID (27) dinantikan. ID bakal segera diperiksa polisi terkait kasus pembunuhan Dini Nurdiani (26) yang dilakukan oleh istrinya sendiri.

“Kalau tidak hari ini atau besok,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota Kompol Ivan Adhitira saat dihubungi, Senin (16/5/2022). Dia menjawab apakah suami dari Neneng telah dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan terhadap ID dilakukan agar penyidik memiliki bukti terkait latar belakang yang mendasari kasus tersebut. Ivan mengatakan pemeriksaan kepada ID untuk memperkuat dugaan motif cemburu yang menjadi dasar Neneng Umaya dalam membunuh korban.

“Dia (ID) sebagai saksi. Kalaupun korban mengenal suami pelaku, hubungannya sebagai apa. Itu harus kita jelaskan juga. Kenapa terjadi peristiwa ini, kenapa terjadi pembunuhan ini. Apakah pembunuhan ini disengaja atau ternyata spontanitas itu kan harus kita dalami,” ucapnya.

Ivan mengatakan pihaknya kini masih menggali keterangan sejumlah saksi dari kasus tersebut. Hal itu untuk membuat terang benderang kasus pembunuhan yang menimpa Dini Nurdiani.

ID Ngaku Tak Tahu Dini Nurdiani Dibunuh Isitrinya
Pembunuhan kepada Dini Nurdiani (26) masih terus diselidiki oleh pihak kepolisian. Hasil penyelidikan sejauh ini diketahui pembunuhan berencana itu tidak melibatkan orang lain selain pelaku perempuan bernama Neneng Umaya (24).

Tindakan nekat dari pelaku diketahui didorong rasa cemburu atas perselingkuhan yang dilakukan Dini dan suami pelaku berinisial ID (27). Namun polisi memastikan ID tidak mengetahui saat istrinya merencanakan hingga membunuh Dini Nurdiani.

“Suaminya sendiri tidak mengetahui sampai kemarin pada saat kita jemput di rumahnya. Kita kerjasama dengan Reskrim Polres Bekasi Kota kita amankan dan kita langsung olah TKP,” kata Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo kepada wartawan, Senin (16/5).

Ardhie mengatakan saat olah TKP itu pun pelaku menjelaskan secara gamblang runutan dalam melakukan pembunuhan kepada Dini. Pelaku Neneng, kata Ardhie, bahkan telah menyiapkan baju ganti untuk dikenakannya selepas membunuh Dini.

“Dia menunjukkan lokasi saat dia menghabisi korban dan setelah dihabisi dia juga sudah menyiapkan baju untuk diganti. Jadi tersangka ini sudah menyiapkan baju karena dia berlumur darah. Jadi dia pakai baju yang disiapkan dari rumah,” terang Ardhie.

Sementara ID, selaku suami dari Neneng, tidak mengetahui tiap rencana yang telah disusun istrinya dalam aksi pembunuhan kepada Dini. Polisi menyebut dari serangkaian pemeriksaan yang dilakukan kepada Neneng, pelaku tersebut secara konsisten mengaku melakukan aksinya itu seorang diri.

“Saya sudah berusaha untuk menanyakan kembali apakah ada orang yang membantu? Memang dia menjawab dengan santai apa adanya. Dia menunjukkan semua cara proses pembunuhan mulai dari menjemput sampai proses melakukan eksekusi. Dia menjelaskan tanpa berubah-ubah,” terang Ardhie.

Dalam kasus pembunuhan ini, Neneng Umaya ditangkap di rumahnya di daerah Cipayung, Jakarta Timur, pada Jumat (13/5). Kini ia telah ditetapkan tersangka dan ditahan di Polres Metro Bekasi Kota. Dia dijerat dengan Pasal 340 KUHP dengan ancaman penjara seumur hidup. (det/Eka)