Reshuffle Kabinet, Ini Daftar Menteri dan Wakil Menteri yang Dilantik Jokowi

Jam : 06:08 | oleh -382 Dilihat
Presiden Jokowi sedang memberikan keterangan
Presiden Jokowi sedang memberikan keterangan

Jakarta, ToeNTAS.com,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dalam perombakan atau reshuffle kabinet ini, Jokowi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Sementara, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Pada reshuffle kabinet tersebut, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri baru, antara lain:

  1. Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri
  2. Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja
  3. Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo sudah melalui pertimbangan matang.

“Bukan hal yang tiba-tiba. Dengan pemikiran yang sudah cukup matang dan diskusi yang panjang, Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri. Ini dilakukan kenapa pada sekarang? Karena momentumnya dihitung paling pas saat ini,” kata Pramono, Rabu (15/6/2022).

Pramono menyebutkan ada dua menteri dan tiga wakil menteri baru. Ia berharap kehadiran menteri dan wakil menteri baru akan memperkuat kabinet yang ada.

Secara keseluruhan, menurut dia, sebenarnya dengan pengalaman Presiden yang sudah dua periode, sudah 8 tahun, Presiden cukup memahami persoalan yang ada, termasuk urusan minyak curah, urusan pangan, dan urusan energi.

“Hal itu yang menjadi prioritas. Maka, untuk itu kenapa kemudian ada penyegaran dalam tubuh kabinet,” jelasnya.

Pramono mengatakan bahwa perombakan kabinet untuk membuat kerja kabinet lebih lincah. Apalagi, persoalan pangan dan inflasi saat ini juga telah menjadi persoalan dunia sehingga perombakan diperlukan. (det/Irwan)